DPD PDI Perjuangan Papua Berikan Bantuan Kepada Masyarakat Nelayan di Sarmi

Ketua Bapilu DPD PDI Perjuangan Provinsi Papua, Dr. Benhur Tomi Mano, MM saat menyerahkan bantuan Bama di Sarmi

Sarmi, Teraspapua.com – Usai melakukan rapat konsolidasi dan evaluasi penjaringan bakal calon legislatif di Kabupagen Sarmi dan Mamberamo Raya, Jumat (3/3/2023). Pengurus DPD PDI Perjuangan Provinsi Papua memberikan bantuan bahan makanan (Bama) kepada masyarakat Nelayan.

Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) DPD PDI Perjuangan Provinsi Papua, Dr. Benhur Tomi Mano, MM (BTM) di dampimgi Wakil Ketua Bidang Pertanian, Perikanan dan Kelautan yang juga Wakil Ketua DPRD Kota Jayapura, Jhon Y. Betaubun, SH. MH dan sejumlah pengurus DPD maupun DPC Kabupaten Sarmi dan Mamberamo Raya sama-sama menyerahkan Bama tersebut.

banner 325x300

Mengawali arahan, Benhur Tomi Mano, yang juga dipercayakan Negara sebagai Tenaga Ahli Mentei Sosial Bidang Rehabilitasi Sosial menyebutkan Kementrial Sosial sementara mendidik anak-anak Papua membuat perahu di Departemen Teknik Perkapalan (DTP) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, bahkan mereka sudah bisa membuat kapal untuk para nelayan.

“Kami rekrut anak – anak Papua yang potensial dari Kabupaten Sarmi, Yapen, Waropen, Mappi dan disana mereka dilatih, bisa membuat kapal ikan, yang operasinya bisa sampai Kasonaweja, dan teluk Teba.

BTM mengungkapkan, Kemensos juga sudah membantu masyarakat menanam padi dan tinggal di panen. Bahkan bulan Juni 2022 lalu, dirnya menyerahkan 50 unit sepeda bantuan Mentri Sosial, Tri Rismaharini kepada anak SD dan SMP di Kampung Arbais Distrik Pantai Barat.

Kemansos juga kata BTM, telah membuka lahan 10H untuk menanam pepaya dan pisang. Nantinya juga akan dibangun SPBU di dua titik di Kabupatem Sarmi, tentu untuk membantu masyarakat.

Hanya tinggal menunggu izin membangun yang di terbitkan oleh Pj Bupati Sarmi.

“Hari ini kami dari pemgurus DPD PDI Perjuangan Provinsi Papua, datang untuk membawah sedikit bantuan untuk para nelayan. Nantinya juga akan dibuat kartu nelayan dan koperasi nelayan,” janji BTM.

Benhur juga berpesan kepada masyarakat Sarmi, harus makan ikan supaya pintar dan cerdas. Apalagi Presiden RI Joko Widodo gencar-gencarnya untuk menurunkan angka stunting di Indonesia.

Ditempat yang sama, Jhon Y Betaubun mengaku Partai DPIP akan bekerja sama dengan kementrian Sosial untuk mendorong bantuan-bantuan yang keberpihakan kepada masyarakat Nelayan.

Sementara salah satu masyarakat Nelayan Melky Nalar mengaku para nelayan sangat membutuhkan bensin.

“Selama ini kami bergabung dengan pom bensin yang ada, tetapi kami selalu di permainkan,” ungkapnya.

Memang ada waktu-waktu untuk memberikan kesempatan kepada kami nelayan, tapi ada juga waktu-waktu untuk memberikan kesulitan,” ungkapnya..

“Jadi, kami minta bantuan dari Kemensos untuk membangun pom bensin, sehingga kedepan kita bisa mendapat bensis dengan bebas,” kata dia.

Pasalnya kata Melky, hari ini kami beli bensin dan melaut, dan kami menunggu tiga hari lagi untuk mendapatkan bensin. Kendati begitu maka kebutuhan kami akan bertambah sulit,” pungkasnya.