Genjot Pariwisata, Dispar Kota Jayapura Kukuhkan Kelompok Sadar Wisata 14 Kampung

Jayapura, Teraspapua.com – Sebagai upaya pemerintah untuk pemberdayaan masyarakat, agar terlibat dalam pengembangan kepariwisataan yang bertujuan memberikan dukungan pengetahuan dan inovasi, serta menumbuhkan rasa percaya diri sebagai pengelola objek wisata, maka Dinas Pariwisata kota Jayapura, menggelar Pembentukan Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS), Sosialisasi Kebersihan dan Penyerahan Bantuan Peralatan Kebersihan.

Giat yang berlangsung di Vitekya Resto Holtekamp kota Jayapura ini, di ikuti 14 Pokdarwis dari 14 kampung yang ada di kota Jayapura, Kamis (09/11/2023).

banner 325x300banner 325x300

Staf Ahli Walikota Jayapura, Frederick Awarawi, yang membuka kegiatan tersebut mewakili penjabat Walikota Frans Pekey mengatakan, pembangunan kepariwisataan tidak bisa dilakukan sendiri-sendiri.

Oleh karena itu, dukungan dan keterlibatan seluruh pemangku kepentingan di bidang kepariwisataan, harus bersinergi bersama-sama dalam mendukung pembangunan kepariwisataan.

Dikatakan, peran masyarakat menjadi sangat penting, baik sebagai subjek atau pelaku, maupun penerima manfaat. Maka dukungan masyarakat, turut menentukan keberhasilan pengembangan kepariwisataan.

“Untuk itu dibutuhkan proses dan pengkondisian, untuk mewujudkan masyarakat sadar wisata, yang akan memahami dan mengaktualisasikan nilai-nilai penting yang terkandung dalam Sapta Pesona.” Paparnya.

Ditambahkan, Pokdarwis merupakan salah satu komponen dalam masyarakat yang memiliki peran dan konstitusi penting, dalam pengembangan kepariwisataan di daerahnya.

Untuk itu diharapkan, dengan dibentuknya Pokdarwis pada kegiatan ini, dapat berperan lebih efektif dan turut serta dalam menggerakkan partisipasi masyarakat, untuk mewujudkan lingkungan dan suasana yang kondusif, bagi tumbuh dan berkembangnya kegiatan kepariwisataan yang ada di kampung masing-masing.

“Hal ini harus dilakukan, agar kampung-kampung menjadi tujuan wisata. Apabila kegiatan kepariwisataan berkembang di kampung, tentu kesejahteraan masyarakat kampung juga akan meningkat.” Tandas Awarawi.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata kota Jayapura, Matias Benoni Mano menyebutkan, kehadiran Pokdarwis, untuk menyadarkan masyarakat arti pentingnya pariwisata di kampung masing-masing, dengan tetap pedomani Sapta Pesona.

Pria yang akrab disapa Bentar ini menambahkan, yang harus dilakukan oleh Pokdarwis adalah, mengangkat sumber daya dan potensi pariwisata yang ada di kampung-kampung.

Menurut Bentar, hal yang paling penting yang dititipkan oleh pemerintah kota Jayapura, adalah masalah kebersihan, masalah keamanan dan ketertiban.

“Ini sangat penting, karena orang mau datang ke tempat kita kalau tidak aman dan bersih, ini juga repot,” tegasnya.

Dirinya juga menyampaikan, pada kesempatan tersebut  sudah diberikan bantuan alat-alat kebersihan atau alat-alat kerja kepada Pokdarwis, berupa sapu, serokan, sekop, parang, mesin babat dan tempat sampah.

Diharapkan, bantuan-bantuan yang diberikan tersebut, juga dapat di berikan oleh pemerintah kampung, untuk mendukung kerja dari Kelompok Sadar Wisata di masing-masing kampung.

Bentar menegaskan, sasaran dan tujuan Dinas Pariwisata kedepannya, adalah menjadikan pariwisata sebagai potensi utama yang dikembangkan, di kota Jayapura.

“Kita berharap, ini menjadi langkah awal yang baru lagi, bangkit lagi, untuk mempersembahkan kota Jayapura bagi dunia. Sehingga yang orang datang ke kota ini dapat menikmati liburan wisata dengan baik.” Pungkas Bentar.

(elo)