240 Orang Dilibatkan Dalam Proses Lipat Surat Suara, Oleh KPU Kota Jayapura

Jayapura, Teraspapua.com – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) kota Jayapura, resmi melakuka pembukaan segel surat suara Pemilu serentak Tahun 2024, Sabtu (13/1/2024).

KPU kota Jayapura juga melibatkan 240 warga kota, untuk memeriksa sekaligus melakukan pelipatan surat suara, di Gudang Penyimpanan Logistik Pemilu, di kawasan Entrop kota Jayapura.

banner 325x300

Penjabat (Pj) Walikota Jayapura Frans Pekey, turut hadir dalam rangka pembukaan segel surat suara, bersama dengan ketua KPU Provinsi Papua Steve Dumbon, dan Ketua KPU Kota Jayapura Oktavianus Injama.

Pada kesempatan ini, Pj. Walikota Frans Pekey menilai, bahwa KPU kota sudah sangat siap. Mulai  dari tahapan-tahapan, sampai pada persiapan logistik pemilu.

“Menurut laporan tadi bahwa, hari ini dimulai pelipatan surat suara, untuk surat suara Pemilu Presiden dan juga DPD RI,” terang Pekey.

Lanjut kata Pekey, untuk surat suara legislatif baik DPR RI, DPR Provinsi dan DPRD kabupaten/kota sudah tiba, dan dalam satu dua hari ke depan, sudah dilakukan pelipatan.

Dirinya menilai, jika kesiapan KPU kota dan di backup oleh KPU provinsi sudah sangat luar biasa, tinggal bagaimana aspek pengamanan serta memastikan, bahwa semua logistik yang ada di gudang bisa aman.

“Aman bukan hanya dari aktivitas masyarakat, tetapi juga dari kemungkinan terjadinya resiko bencana. Baik kebakaran, banjir dan sebagainya.” Tandasnya.

Pekey menambahkan, saat ini pihak Polresta Jayapura Kota sudah melakukan pengamanan. Oleh karena itu dirinya menyampaikan terima kasih kepada KPU, Bawaslu dan juga Kepolisian, yang telah berkolaborasi untuk mendukung kelancaran Pemilu serentak ini.

Dirinya berharap, dengan target waktu yang telah ditentukan oleh KPU sebagai penyelenggara, untuk distribusi logistik sampai dengan pelaksanaan pencoblosan di TPS, sampai dengan penghitungan suara dan penetapan hasil, berjalan dengan lancar.

“Saya minta kepada warga kota Jayapura, untuk menciptakan suasana yang aman, damai dan kondusif. Sebagai wujud partisipasi masyarakat dalam mendukung suksesnya Pemilu.” Pungkasnya.

Ditempat yang sama, ketua KPU provinsi Papua Steve Dumbon menargetkan, tanggal 20 Januari 2024, seluruh logistik surat suara sudah siap.

Hal tersebut perlu kata Dumbon, mengingat masih ada 21 item logistik Pemilu, berupa formulir-formulir yang belum tercetak.

“Kita berharap KPU RI secepat mungkin mencetak itu. Sehingga tiba di sini, distribusi logistik itu bisa tepat waktu.” Kata Dumbon.

Dikatakan Dumbon, pihaknya terus mendesak agar ekspedisi untuk surat suara legislatif dan formular-formulir bisa tiba secepat mungkin.

Lanjut dia, hambatan terberat yang ditakutkan adalah masalah cuaca, karena sesuai dengan edaran BMKG, kemungkinan di pertengahan Februari, sudah puncak musim hujan.

“Yang kita takutkan adalah hambatan cuaca, ini yang kita takutkan jangan sampai, surat suaranya sudah tiba terlambat, kita dihadang lagi dengan cuaca buruk.” Paparnya.

Sementara itu ketua KPUD kota Jayapura, Oktavianus Injama mengatakan. Distribusi surat suara dari gudang penyimpanan ke PPK, KPPS dan PPS, akan dilakukan h-3 sebelum tanggal pencoblosan. Dan h-1, semua logistik sudah selesai didistribusi.

“Kami berkaca dari Pemilu 2019, supaya kita lebih awal mendistribusi surat suara. karena jarak kami memang dekat, tetapi logistik kami banyak.” Terang Injama

Untuk kota Jayapura jelas Injama, ada 940 TPS yang terbagi di 5 distrik. Yakni distrik Jayapura Utara, Jayapura Selatan, distrik Heram, distrik Abepura dan distrik Muara Tami.

(elo)