Try Out Tahap Satu Ujian Sekolah SMPN 1 Jayapura Berakhir, Siswa Suka

Jayapura,Teraspapua.com – Seluruh siswa SMP Negeri 1 Jayapura kelas IX telah melewati masa try out tahap satu ujian sekolah pada Jumat (22/3/2024).

Begitu juga dengan para siswa kelas VII dan VIII juga telah melewai asesmen tengah semester secara online.

Kepala SMP Negeri 1 Jayapura, Purnama Sinaga, S, Pd. M. M, Pd kepada Teraspapua.com mengatakan, untuk pelaksanaan asesmen penilaian tengah semester (PTS) dan try out di SMP Negeri 1, sejak hari Senin, tanggal 18 Maret hingga Jumat, 22 Maret 2024 berjalan dengan baik dan lancar, jaringan tidak ada kendala.

“Untuk try out dan asesmen sekolah menyediakan computer PC sebanyak 50 unit dan crombook 90 unit yang tersedia di lima Laboratorium komputer dan diisi oleh 140 siswa, selebihnya siswa mengikuti di ruang kelas dengan menggunakan gawai atau laptop masing-masing,” terang kepsek Purnama Sinaga disela sela melakukan pemantauan di tiga kelas,”

Purnama juga mengatakan jaringan Wifi tersedia sehingga bagi anak-anak yang membawa laptop dan gawai atau handphonenya menggunakan fasilitas Wifi yang tersedia di sekolah.

Dikatakan, untuk pelaksanaan try out yang pertama ini atau uji coba soal ujian sekolah ini merupakan langkah awal sekolah dalam rangka persiapan ujian sekolah yang sesungguhnya, direncanakan pada bulan Mei.

“Nantinya kami akan mengevaluasi kembali, rencananya tanggal 5 April 2024, kami akan mereview dan kembali menyusun soal untuk try out yang kedua.

Jadi direncanakan tanggal 22 April kami akan melaksanakan try out yang kedua untuk pemantapan, dengan perlakuan atau simulasi seperti ujian sekolah,” sambungnya.

Untuk jumlah siswa urai Purnama, di setiap ruang kelas sebanyak 20 orang, dengan pengawas ruang 2 orang, seraya berharap dengan pelaksanaan try out tahap satu ini, siswa sudah mulai terbiasa dengan pelaksanaan ujian sesungguhnya.

“Baik itu penggunaan fasilitas berbasis online, maupun dengan pelaksanaan yang semi ujian sekolah. Ditambahkan, ujian sekola direncanakan pada tanggal 13 sampai 17 Mei 2024,” tandansya.

Sekolah berharap, melalui pelaksanaan try out ini siswa kelas IX, lebih mempersiapkan diri sehingga pada saat ujian sekolah nanti baik itu secara psikis maupun untuk potensinya itu sudah siap.

Menurut Ketua MKKS SMP Kota Jayapura ini, para siswa dengan percaya diri mengikuti ujian sekolah dan dengan hasil yang bagus pun mereka bisa melanjutkan kepada sekolah-sekolah yang mereka impikan.

Sementara untuk kelas VII dengan kelas VIII, saat ini mereka tengah melaksanakan penilaian tengah semester atau asesmen tengah semester.

“Kami berharap melalui penilaian di tengah semester ini para siswa dapat merefleksikan diri tentang pencapaian hasil belajar mereka,” katanya.

dan juga refleksi bagi bapak ibu guru tentunya sejauh mana praktek atau kualitas pembelajaran yang sudah dicapai.

“Dari hasil refleksi itu ada perbaikan-perbaikan ke depan, sehingga apa yang diharapkan pada akhir semester terkait dengan capaian pembelajaran, hasil belajar peserta didik itu bisa optimal. Anak-anak bisa mencapai hasil belajar yang terbaik sesuai dengan bakat dan minat mereka,” paparnya.

Purnama juga mengatakan, bentuk soal yang kami buat pada saat PTS ini adalah soal-soal uraian, atau soal-soal yang berbasis asesmen Nasional.

“Jadi, soal-soal literasi dan numerasi sehingga kami melihat bahwa pelaksanaan PTS ini berjalan dengan efektif, karena anak-anak fokus menggunakan waktu yang disediakan, secara optimal untuk menyelesaikan soal soal,” jelasnya.

Puji Tuhan dari hasil evaluasi kami pada beberapa mata pelajaran yang lalu peserta didik mulai terbiasa mengerjakan soal-soal literasi dan numerasi itu diluar capaian atau angka yang diperoleh.

Menurut Purnama, pihaknya juga bisa melihat dari rapor pendidikan yang sudah dirilis pada tanggal 5 Maret lalu untuk nilai kompetensi literasi dan numerasi memang meningkat.

Bahkan unglap Purnama, try out dan PTS berbasis online ini, para siswa semua suka, karena lebih simple, praktis, efektif dan mereka merasa bahwa dengan pelaksanaan secara online ini lebih dapat dipertanggungjawabkan, mereka lebih percaya dengan hasil mereka sendiri.

Dirincikan, jumlah peserta PTS, khusus kelas VII berjumlah 392 siswa, dan kelas VIII berjumlah 386.

“Untuk mata pelajaran, Senin 18 Maret 2024 ( Bahasa Indonesia, Pendidikan Agama), Selasa, 19 Maret (Matematika, PKn, Rabu 20 Maret ( Bahasa Inggrsi dan Prakarya/TIK), Kamis 21 Maret (IPA dan Seni Budaya) dan Jumat, 22 Maret ( IPS dan Pejaskes),” papar Purnama.

Sedangkan untuk try out lanjutnya, jumlah siswanya 378 orang dengan mata pelajaran IPS dan PJOK,” pungkasnya.

(har-ricko)