Yuli Rahman; Komisi B Menyambut Baik Pelaksanaan Festival Port Numbay

Wakil Ketua Komisi B DPRD Kota Jayapura, Yuli Rahman, SH saat melihat produk di salah satu UMKM

Jayapura, Teraspapua.com– Pemerintah kota Jayapura dalam hal ini Dinas Pariwisata menggelar Festival Port Numbay sebagai ajang mengexplorasi pariwisata yang ada di kota Jayapura, tentu dengan Konsep dari kota ke Kampung, yang mengangkat potensi-potensi wisata lokal.

Komisi B DPRD Kota Jayapura yang merupakan mitra dengan Dinas Pariwisata turut memberikan apresiasi atas pelaksanaan FPN yang sudah masuk hari kedua ini.

banner 325x300banner 325x300

“Kami dari komisi B DPRD kota Jayapura menyambut baik pelaksanaan Festival Port Numbay yang diselenggarakan di lapangan bola Kampung Yoka,” kata Wakil Ketua Komisi B, Yuli Rahman, SH kepada Teraspapua.com disela-sela kunjungan ke stand UMKM, Sabtu (27/4/2024) sore.

Festival Port Numbay ini juga lanjut Yuli Rahman, merupakan kerjasama Dinas Pariwisata Kota Jayapura dengan Kampung Yoka dan Kampung Waena.

“Kita juga menyaksikan langsung program-program UMKM yang ada di lokasi festival, bahkan antusias dari para pengunjung, tentu Ini bukan saja peningkatan ekonomi tapi juga satu bentuk hiburan kepada masyarakat,” ujar Yuli Rahman.

Kami juga sangat berharap kampung-kampung lain yang ada di Kota Jayapura ini bisa berkolaborasi dengan Dinas Pariwisata, untuk kegiatan serupa, guna menampilkan potensi wisata yang ada.

“Jadi, bukan UMKM saja, tetapi hiburan-hiburan dari kampung-kampung yang belum ditampilkan seperti festival seni yang mungkin jarang ditampilkan,” jelas politisi Golkar kota itu.

Menurut Yuli Rahman, melalui Festival Port Numbay, tentu merupakan kesempatan untuk masyarakat yang ada di 14 kampung bisa menampilkan tradisi, dan makanan khas yang sampai saat ini masyarakat belum mengetahui.

Artinya dengan festival ini, mereka mengangkat kearifan lokal, sekaligus menjaga dan melestarikan budaya yang ada di kampung-kampung.

Kami berharap, festival ini juga seperti pesta rakyat Papua dan di harapkan tahun depan lebih meriah lagi. Pasalnya pelaksanaan Festival Port Numbay ini mengunakan dana otsus dan dana kampung.

“Saya berharap, dana otsus untuk kegiatan-kegitan seperti ini harus di tambah di Dinas Pariwisata, karna semua warga di sekitar kampung Yoka dan Waena sangat merikmati event ini,” ucapnya.

Yuli Rahman pun menambahkan, sebagai mitra kerja dengan Dinas Pariwisata, kami sangat mengapriesiasi kegiatan-kegiatan yang melibatkan UMKM dan juga pemusik Papua untuk memperlihatkan bakat-bakat seni musik dari kampung Yoka dan Waena,” pungkasnya.

(Har)