Elie Dalome : Mari Kita Buktikan Demokrasi di Papua Bisa Berjalan Aman dan Baik

Tokoh Pemuda Suku Amungme, Timika, Elie Dolame.

Jayapura,Teraspapua.com – Tokoh Pemuda Suku Amungme, Timika, Elie Dolame meminta kepada seluruh pihak untuk bergandeng tangan menjaga keamanan jelang Pemilukada 2024 mendatang.

“Meskipun pada pelaksanaan pemilu, pilihan kita berbeda, tetapi mari kita sekarang bersatu bergandeng tangan seperti keluarga, saudara dan teman. Kita menjaga hubungan untuk kedamaian,” tegasnya.

banner 325x300banner 325x300

Dia pun meminta untuk masyarakat lebih paham terkait proses tahapan pilkada nantinya sehingga tidak terpengaruh dengan akai yang berujung gangguan kamtibmas.

“Kita ketahui bersama ada beberapa kejadian yang terjadi terkait pelaksanaan pemilu tentang siapa benar dan siapa yang salah, untuk itu, jangan terprovokasi dengan hasutan ataupun ajakan-ajakan dari oknum yang tidak benar,” harap Eli.

Dia pun berharap kepada para calon untuk menerima hasil akhir, namun apabila ada kecurangan, baiknya dilaporkan atau ikuti proses yang ada tanpa harus mengerahkan massa.

“Mari kita menerima hasil pelaksanaan pemilu dengan apa adanya. Terkait siapa yang benar dan yang melalukan kecurangan biarkan saja itu urusan pribadinya dengan Tuhan,” tegasnya.

Eli juga meminta jangan ada darah yang jatuh di tanah Papua demi kepentingan pribadi oknum tertentu.

“Papua cinta damai, jangan karena kepentingan oknum, ada korban jiwa. Mari kita contohkan kepada saudara kita di luar Papua, kalau pesta demokrasi di Papua aman dan damai,” imbuhnya.

Perihal aksi kekerasan KKB di beberapa daerah, dia meminta agar ada tindak tegas aparat keamanan.

“Jangan sampai pelaksanaan pilkada berjalan kacau karena ulah kelompok itu, maka harus ada tindak tegas, Pilkada merupakan pintu untuk perubahan yang lebih baik, kasihan masyarakat tidak bisa menyalurkan haknya kalau ada gangguan seperti yang terjadi di Paniai, banyak masyarakat mengungsi karena KKB,” tegasnya.