SMP YPPK Santu Paulus Abepura Gelar MPLS Bagi Peserta Didik Baru

Jayapura, Teraspapua.com – Tahun ajaran 2024/2025 SMP YPPK Santu Paulus Abepura, kota Jayapura, Papua mendapat peserta didik baru sebanyak 307 orang, yang akan dibagi menjadi 9 kelas.

“Jadi, SMP YPPK Santu Paulus untuk tahun pelajaran 2024/2025 kami menerima 9 kelas. Penerimaan peserta didik baru kami buka mulai dari tanggal 20-21 Mei 2024 itu untuk jalur khusus, yang beragama Katolik dengan SD YPPK,” kata Kepala sekolah, Maria Noviyanti Widiastuti, SPd kepada teraspapua.com, Rabu (10/7/2024).

banner 325x300banner 325x300

Kemudian lanjut Maria, pihaknya berlanjut dengan penerimaan secara online, sesuai dengan jadwal dinas. Jadi mulai di tanggal 20 Juni, semua tahapan berjalan, verifikasi, pendaftaran online sampai pengumuman di tanggal 1 Juli 2024.

Kemudian tanggal 2 sampai tanggal 5 Juli 2024 kemarin kami kasih kesempatan untuk pendaftaran ulang, dan wawancara terkait dengan uang sekolah.

“Total peserta didik baru yang kami terima dan yang mengikuti MPLS saat ini sebanyak 307 dari 360 formulir yang keluar,” terangnya.

Maria mengatakan, untuk kegiatan MPLS ini, dilaksanakan selama tiga hari. Sejak pembukaan hari pertama kami laksanakan di rumah studi Duta Damai St. Nicholaus padang bulan.

Menurutnya, karena sekolah tidak ada aula, sehingga supaya mengumpulkan peserta didik sebanyak 307 ini kami buat di tempat ini. Hari kedua MPLS baru berlanjut di sekolah.

Dikatakan, awal pembukaan MPLS kepsek juga menyampaikan profil sekolah kepada peserta didik baru, dan sosialsiasi tata tertib berlalulintas oleh kepolisian.

Pasalnya, peserta didik usia ini, banyak yang suda bisa mengendarai kendaraan roda dua, sehingga mereka perlu diingatkan oleh kepolisian.

Selain itu mereka juga diberikan pemahaman dari BNN tentang narkotika, dan ada tambahan sedikit materi tentang miras.

Kepsek juga menambahkan, setelah pembukaan, mulai hari kedua MPLS mereka akan berlanjut di sekolah, mereka akan dibagi menjadi 3 kelompok besar 9 kelompok yang ada sesuai kelas yang kami terima.

“Untuk materi di sekolah nanti akan disampaikan oleh bapak ibu guru. Mereka sosialisasi tentang tata tertib, kurikulum yang digunakan, tapi juga semua hal yang ada di sekolah untuk anak-anak ketahui,” jelasnya.

Dikatakan, untuk penutupan MPLS pada Jumat,12 Juli 2024 di sekolah.

Kepsek juga mengatakan, untuk penerimaan peserta didik baru SMP YPPK tetap memperhatikan jalur zonasi, baik itu Port Numbay, prestasi, OAP dan non OAP, serta mutasi.

MPLS lanjut dikatakan Kepsek, MPLS mulai dari jam 07.00 WIt, seraya berharap orang tua mendukung, untuk mempersiapkan anak lebih awal.

“Kami juga berharap anak-anak membawa konsumsi, air minum dan makanan,” pungkasnya.

(Har)