DAERAH  

SKB Biak Gelar PKW Budidaya Tanaman Sayuran

Foto bersama

Biak,Teraspapua,com – Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Biak menggelar Pendidikan Kecakapan Wirausaha Budidaya Tanaman Sayuran kepada para peserta didik di wilayah itu.

Turut hadir pada kegiatan tersebut,Plt. Kepala Dinas Pendidikan Yoel.O Maryen, Tenaga Penyuluh lapangan Dinas Pertanian Isak Satia dan  30 peserta pelatihan serta pegawai di lingku SKB

banner 325x300banner 325x300

Penyelenggaraan  program Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW) budidaya tanaman sayuran adalah untuk mendorong peserta didik untuk menciptakan kewirausahaan baru “kata Pimpinan SPNF-SKB Biak Margaretha Singgamui S.Pd, diruang kerjanya usai pembukaan ,jumat (29/11/2019).

Lanjut dikatakan,harus merubah dan menanamkan pola pikir yang baru kepada peserta pelatihan seperti sikap dan mental untuk menajdi wirausahawan.

Dalam pelatihan ini tentu akan diberikan bekal dan ketrampilan supaya peserta kelak bisa menjadi wirausaha “sambungya.

Ia juga menambahkan kalau tidak menjadi wirausaha minimal bisa ada peningkatan perekonomian dalam keluarga mereka masing-masing, dan juga ketika mereka selesai dari kegiatan ini  mereka mampu dan mandiri menjadi wirausaha.

Sementara itu ,Plt Kepala Dinas Pendidikan Biak Numfor Yoel Maryen memberikan apresiasi atas kegiatan yang sangat sederhana ini, tetapi mempunyai nilai tambah.

Pelatihan bagi 3  kelompok hari ini, diharapkan akan diteruskan oleh kelompok masing-masing,

“ Ada kreatifitas, inovasi oleh setiap peserta yang di latih, mereka masing harus pulang dan kembali ke lingkungan hidup keluarga, ilmu ini harus di salurkan dan bagikan ke tetangga supaya program ini akan berjalan terus. ,”tegas Yoel

hal ini yang harus kita banggakan terutama Pemerintah Daerah, sehingga kedepan kita harus memberikan perhatian untuk mengangkat martabat menyangkut kegiatan belajar mengajar yang di lakukan oleh SKB,”tutunya

Pada kesempatan tersebut ,Isak Satia penyuluh Pertanian lapangan berharap peserta pelatihan dapat menerima pelatihan ini secara baik.

Dengan harapan dapat melakukan di pekarangan untuk pribadi dan juga keluarga untuk meningkatkan pedapatan mereka  tetapi juga untuk mingkatkan gizi keluarga .

“Saya berharap semoga dalam pelatihan ini para peserta bisa menerima materi yang diajarkan serta mengembangkan di pekarangan  kelompok mereka masing-masing  dan juga pekarangan pribadi “pungkasnya.

(Hend DK/rick)