Sejumlah Kampung Di Kota Jayapura Bakal Dihapus

Wali Kota Jayapura,Benhur Tomi Mano,Saat Memberikan Keterangan Pers

Jayapura,Teraspapua,com –  Wali Kota Jayapura,Benhur Tomi Mano (BTM),mengutarakan ada sejumlah kampung yang bakal di hapus.Alasannya kampung –kampung tersebut tidak memiliki Ondoafi.

Bahkan terkait itu dirinya meminta kepada Bagian Pemerintahan dan timnya untuk mempersiapkan segala sesuatu.

“ Kita di Kota Jayapura ada 14 kampung,sehingga tahun ini saya berusaha dengan DPRD Kota untuk membuat telaa,agar beberapa kampung yang tidak mempunyai Ondoafi akan kita hapus “ujarnya,Senin (6/1/2020).

Beberapa kampung yang sempat dibeberkan BTM,seperti kampung Koya Tengah,Holtekamp dan Koya Kosso.

Jadi ada beberapa kampung saya sudah menyuruh buat telaa, karena  tidak ada ondoafi agar kampung-kampung tersebut segera di hapus “jelasnya.

Dia juga mengakui  di kota Jayapura untuk sistim keuangan kampung masih lema,padahal sudah ada SDM yang cukup pintar yang dipakai untuk membuat pelaporan ,namun masih jauh tertinggal dalam pelaporan.Sehingga pencairan dana mengalami keterlambatan.

Untuk itu rencana penghapusan akan digenjot ditahun 2020 nanti,agar dana desa betul-betul ada dan dapat dimanfaatkan untuk masyarakat dalam membangun kampung “ tegasnya.

Menurut BTM ,kelemahan dalam mengelola dana Desa adalah keterlambatan dalam menyusun Anggaran dan Pendapatan Belanja Kampung (APBK).

Padahal menurut Wali Kota ,OPD terkait harus melakukan pendampingan kepada aparat kampung agar dana-dana ini dimanfaatkan dan lebih cepat dalam menyusun APBK.

Begitu juga program-program priotitas di kampung.Sehingga pengusulan dan pencairan dana tepat waktu “Kata BTM.

(Let)