<

Dukcapil Kota Jayapura Terima Penghargaan Dari 2 Kementerian

Plt Kepala Dinas Dukcapil Andi Rahmiwati saat menyerahkan dua penghargaan tersebut kepada Wali Kota Benhur Tomi Mano di lapangan apel, Senin (12/4/2021)

Jayapura, Teraspapua.com – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Jayapura kembali meraih penghargaan dari Kementerian Dalam Negeri melalui Dirjen Dukcapil dan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB).

Pantauan media ini saat digelarnya apel gabungan pemerintah kota Jayapura, Senin ( 12/4/2021) PLT Kepala Dinas Dukcapil Andi Rahmiwati menyerahkan dua penghargaan tersebut kepada Wali Kota Benhur Tomi Mano.

Tidak bisa dipungkiri, karena di masa kepemimpinan Benhur Tomi Mano atau yang akrab disapa BTM sebagai Wali Kota dua periode ini, sudah banyak penghargaan yang diberikan pemerintah pusat kepada dinas yang yang konsen melaksanakan pelayanan publik ini.

“Penghargaan dari Menteri Dalam Negeri, sebagai satu apresiasi atas kinerja terbaik, kemudian dedikasi, komitmen yang kuat, konsisten kita Dukcapil dalam rangka melaksanakan pelayanan kepada masyarakat di bidang administrasi kependudukan ( Adminduk). Yaitu penghargaan kategori “Dukcapil Bisa Skala Wilayah,” ujarnya.

Sementara lanjut Andi Rahmiwati, penghargaan berikut dari Menteri PAN-RB, yaitu sebagai penyelenggara pelayanan publik dengan kategori sangat memuaskan.

Untuk itu, penghargaan ini harus dipertahankan dan ditingkatkan, tentu dengan kinerja untuk memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat,” imbuhnya.

“Jadi, target-target yang sudah ditetapkan kita harus berusaha untuk mencapainya dari semua aspek, baik perekamannya, cakupan akte kelahirannya, cakupan kepemilikan kartu identitas anak,” urai Andi Rahmiwati.

Bahkan dikatakannya, target nasional yaitu perekaman KTP – el, cakupan akte kelahiran usia 0 – 18 tahun dan cakupan Kartu Identitas Anak (KIA),” tukasnya.

Sementara itu Wali Kota Benhur Tomi Mano mengatakan, tujuan pemerintah adalah membahagiakan masyarakat dan semua pelayanan Adminduk oleh Dukcapil gratis.

“Program-program ini tentu memberikan motivasi dan lebih memacu, memberikan pelayanan yang terbaik. untuk itu diharapkan ASN yang bertugas di tempat pelayanan publik ini harus lebih awal siap di kantor dengan sikap yang ramah untuk melayani masyarakat kita,” ujar Wali Kota.

Menurut BTM, pemerintah ingin memperpendek pelayanan, seperti di distrik terjauh, Muara Tami. Dukcapil sudah melimpahkan pelayanan ke sana. Sehinggah mereka bisa merekam dan mencetak KTP- el di kantor distrik Muara Tami.

Bahkan ditambahkannya, untuk pelayanan Adminduk di Dukcapil, seperti akte kelahiran, akta perkawinan, akte bagi anak yang lahir dan juga KIA kita berikan gratis.

“Begitu juga pelayanan pemerintah kota untuk membahagiakan masyarakat dengan melakukan pencatatan perkawinan massal bagi masyarakat yang beragama Kristen Protestan, katolik, Hindu dan Budha. Begitu jug lanjut Wali Kota, nikah massal (ijab qobul) bagi umat muslim,” ujarnya.

Tentu, ini pelayanan untuk membahagiakan masyarakat, mungkin mereka sudah nikah secara gereja tapi untuk catatan sipil mereka masih terhambat masalah ekonomi dan semua itu kita lakukan gratis.

Kemudian, warga yang Muslim kita siapkan mahar dan biaya perkawinan, mereka hanya datang duduk dan mengikuti Ijab qobul,” sambunnya.

“Untuk Nasrani selesai pencatatan sipil, mereka mendapatkan dokumen yang lengkap, seperti kartu keluarga, KTP –el, akte kelahiran anak dan KIA,” terangnya.

(Let).