banner 325x300

Kunjungi Mahasiswa Supiori, Komisi V DPR Papua Temui Sejumlah Permasalahan

  • Bagikan

Jayapura,Teraspapua.com – Jalankan tugas sesuai dengan tupoksinya yakni dibidang pengawasan Kesra, Komisi V DPR Papua mengunjungi mahasiswa asal Supiori di Kota Study Jayapura, yang bertempat di Asrama Sarmi, Padangbulan, Distrik Heram, Kota Jayapura.

Kunjungan yang dipimpin langsung oleh  Wakil Ketua Komisi V DPR Papua, Kamasan Jack Komboy, didampingi Anggota Komisi V DPR Papua, Natan Pahabol, Elly Wonda, Hengky Payage dan Yohanis Ronsumbre, menemui sejumlah permasalahan yang dihadapi oleh mahasiswa Supiori.

Adapun kendala yang dihadapi oleh mereka yanki tidak ada perhatian dari Pemda Kabupaten Supiori. Tungakan tagihan listrik dan juga air.

Menanggapi hal itu, Anggota Komisi V DPR Papua, Yohanes L Ronsumbre mengatakan, jika pihaknya sudah melihat langsung penginapan sementara mereka di Asrama Sarmi, lantaran Asrama Mahasiswa Supiori di Waena tengah direhab untuk digunakan dalam PON nanti.

“Sudah satu bulan lebih, mereka pindah ke Asrama Sarmi. Kami dapat informasi dari pengurus dan mahasiswa Supiori bahwa tidak ada perhatian dari Pemkab Supiori, apalagi ada masalah yang dihadapi yakni tagihan listrik dan air yang selama ini dibiayai sendiri, termasuk internet untuk kuliah online,” jelas Ronsubre kepada sejumlah awak media, Sabtu (24/07/2021).

Pada kesempatan itu, Ronsumbre mengaku Komisi V DPR Papua akan menindaklanjuti keluhan mahasiswa tersebut dengan membuat surat ke Pemkab Supiori sebagai tanggungjawab dalam mengawasi proses pelaksanaan PON dan berbagai aspek yang mendukung, termasuk asrama yang dibangun, namun penghuninya dipindahkan sementara.

“Kami tidak mengerti seperti apa kesepakatannya mereka dipindahkan dari asrama, hingga sampai hari ini mereka kurang mendapatkan perhatian,” ujarnya.

Untuk itu, Yohanes Ronsumbre meminta semua pihak untuk memberikan perhatian kepada mahasiswa asal Supiori yang ada di Kota Studi Jayapura itu.

“Kata Ia, jangan kita habiskan energi untuk suksesnya PON, tapi aspek pendukung lain seperti proses belajar mahasiswa ini, tidak diperhatikan. Kami dari Komisi V DPR Papua akan berkomunikasi agar persoalan seperti ini, harus diberi perhatian serius”, tandasnya.

Sosialisasi Vaksinasi dan PON XX

Dalam pertemuan dengan mahasiswa ini, selain mendengar keluhan dari mereka, Komisi V DPR Papua juga mensosialisasikan  vaksinasi yang menjadi solusi bagi dunia, Indonesia dan khususnya di Papua dalam upaya mencegah penyebaran Covid-19 dan mensosialisasikan terkait pelaksanaan PON XX Papua pada Oktober 2021.

Wakil Ketua Komisi V DPR Papua, Kamasan Jack Komboy pada kesempatan itu, meminta agar mahasiswa Supiori untuk waspada terkait melonjaknya kasus Covid-19 di Papua, sehingga harus terus mentaati protokol kesehatan (Prokes).

Menurutnya, ini penting untuk kita diskusi. Karena virus ini sekarang di Jayapura makin hari makin naik, apalagi orang meninggal dunia akibat Covid-19 cukup tinggi.

Selain itu, Komboy juga mengingatkan kepada mahasiswa Supiori untuk tetap fokus belajar atau kuliah, tidak buat gerakan tambahan seperti mabuk-mabukan dan narkoba atau seks bebas.

Dirinya pun menghimbau, kalian kesini untuk kuliah dan pulang ke Supiori harus ada sesuatu yang bisa diberikan buat kabupaten. Datang seorang diri, kalau bisa pulang juga seorang diri.

Jangan pulang ada yang ikut, anak kecil juga ikut, baru kuliah tidak selesai lagi. Orang tua berusaha cari uang untuk kamu studi, jadi harus sampai selesai,” pungkasnya.

(trp)

  • Bagikan