banner 325x300

Pemkot Jayapura Gelar Bimtek Penyusunan APBD dan Penatausahaan Keuangan T.A 2022

  • Bagikan
Wakil Wali Kota Jayapura, Rusta Saru saat memberikan sambutan mewakili Wali Kota, Benhur Tomi Mano.

Jayapura, Teraspapua.com – Pemerintah Kota Jayapura melalui Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) dan penatausahaan keuangan Tahun Anggaran 2022.

Bimtek digelar di Hotel Mercure dan dibuka secara resmi oleh Wakil Wali Kota Jayapura, Rustan Saru. Dengan melibatkan

Wawali Rustan Saru berharap kepada peserta dari seluruh OPD, Puskesmas, Sekolah, Kelurahan, Distrik agar dapat menyimak materi yang disampaikan oleh narasumber sesuai dengan petunjuk dari Permendagri Nomor 27 Tahun 2021.

Rustan minta, OPD koordinasi dengan instansi terknis, terkait dengan RPJMD Pemkot Jayapura, belanja tahunan, renja kerja masing-masing OPD untuk dipadukan menjadi RKPD kita.

“Bimtek hari ini agar selalu bersinergi dengan pemerintah pusat, kaitan dengan sumber dana kita,” kata Rustan Saru.

Menurut Rustan Saru, tiga hal yang menjadi penting adalah penerimaan lewat pendapatan daerah, pengeluaran kaitan dengan kebutuhan daerah dan pembiayaan yang kaitan dengan penyertaan modal dan silva.

Rustan Saru mengingatkan, hal ini harus benar-benar kita kelola sesuai dengan target APBD Pemkot Jayapura di tahun 2022.

“Banyak hal yang perlu kita sikapi. Baik dari sisi kesehatan, infrastruktur, pendidikan dan pelayanan publik yang harus kita masukkan dalam APBD Tahun 2022,” ujarnya.

Rustan Saru juga menjelaskan, seluruh pengelolaan anggaran, baik dari perencanaan, bendahara, PPTK untuk menambah pengetahuan guna menambah kualitas dalam memberikan pelayanan dan penatausahaan terkait dengan program tahun 2022.

Kita berharap ini bisa kita kaji dengan matang sehingga transparansi, efektivitas, efisiensi dan akuntabilitas kita jaga agar kinerja OPD dalam pengelolaan keuangan di Tahun 2022 lebih baik di tahun 2021. Terutama dalam penentuan program kegiatan dan pelaksanaan kegiatan.

Kepala BPKAD, Adolf Siahay dalam laporan yang disampaikan Sekertaris, Antonia C. Sarwom mengatakan, tujuan Bimtek untuk meningkatkan kapasitas ASN pemerintah Kota Jayapura di bidang pengelolaan keuangan daerah.

“Kemudian, melakukan penyesuaian terhadap perubahan regulasi dan sistem pengelolaan keuangan daerah. Meminimalisir kesalahan penganggaran dan penatausahaan keuangan pada pemerintah kota Jayapura,” urai Antonia.

Selain itu lanjut Antonia, untuk meningkatkan pemahaman ASN tentang penyusunan APBD dan penatausahaan keuangan tahun anggaran 2020. Mempelajari perubahan perubahan regulasi dan sistem keuangan daerah.

Memahami penyusunan APBD dan penatausahaan keuangan pemerintah kota Jayapura dengan menggunakan aplikasi SIPD.

Bimtek akan dilaksanakan dari tanggal 15 – 17 November 2021. Dengan metode pendalaman materi Oleh direktur perencanaan anggaran daerah Kementerian Dalam Negeri dan Kasubdit Wilayah 4 Direktorat perencanaan anggaran serta pendampingan penyusunan APBD secara teknik melalui aplikasi SIPD,” tandasnya.

(Har)

  • Bagikan