<

KKB Rampas Logistik Pemilu di Lapter Hitadipa Papua Tengah

Jayapura,Teraspapua – Pemilu Tahun 2024 yang damai, aman, tertib dan lancar menjadi harapan dan keinginan masyarakat Indonesia, termasuk masyarakat di wilayah Papua.

Namun harapan tersebut dinodai oleh ulah gerombolan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) yang berada Kabupaten Intan Jaya, Papua Tengah.

Dimana kelompok yang bersebrangan itu merampas logistik Pemilu di area lapangan terbang (Lapter) Hitadipa, Kamis (15/2/2024) pkl. 07.00 Wit, berupa perampasan kotak dan surat suara yang dialokasikan untuk wilayah masyarakat Kabupaten Intan Jaya.

Ws. Kapendam XVII/Cenderawasih Letkol Inf Candra Kurniawan, menjelaskan setelah mengambil logistik Pemilu, mereka juga melakukan aksi pemukulan terhadap ZU di bagian kepala. ZU merupakan perangkat Distrik Hitadipa.

Lebih lanjut, Candra mengatakan perampasan logistik Pemilu dan pemukulan perangkat Distrik oleh KKB di lokasi tersebut menyebabkan ZU saat ini tidak berani untuk kembali ke Distrik Hitadipa, disebabkan takut akan kembali terjadi kekerasan terhadap dirinya.

“119 kotak suara yang berisi logistik Pemilu dirampas oleh KKB. Sedangkan Sisanya belum terangkut berjumlah 171 kotak suara saat ini masih berada di Kabupaten Nabire,” terangnya, Minggu (17/2/2024).

Candra mengungkapkan entah apa motivasi gerombolan KKB merampas atau mensabotase logistik Pemilu. Untuk pastinya saat ini masih di dalami oleh Aparat Keamanan.

“Saat ini aparat keamanan TNI Polri meningkatkan patroli keamanan dan meningkatkan kewaspadaan, sehingga pentahapan Pemilu di Kabupaten Intan Jaya dapat berjalan dengan aman dan lancar serta stabilitas Kamtibmas tetap kondusif,” tandasnya.