<

PT. Air Minum Jayapura Raih Penghargaan Top BUMD Awards Bintang Lima, Satu Kebanggaan Bagi Tukang Ledeng Jayapura

Jayapura, Teraspapua.com – Ajang penghargaan bergengsi Top BUMD kembali diselenggarakan di tahun 2024, dengan melakukan serangkaian penjurian kepada lebih dari 900 BUMD, BLUD dan dinas yang mengurusi BUMD di Indonesia.

PT. Air Minum Jayapura Robongholo Nanwani (Perseroda) menerima penghargaan Top BUMD Awards kategori BUMD PDAM Bintang 5 di tahun 2024, naik kelas dari tahun 2022 menerima predikat bintang 4 atau sangat baik.

Kategori lain yang diraih adalah Top Pembina BUMD 2024 kepada Penjabat (Pj) Wali Kota Jayapura Dr. Frans Pekey, Msi dan Pj Bupati Kabupaten Jayapura Triwarno Purnomo, SSTp, MSi serta Top CEO BUMD 2024 kepada Direktur Utama PT. Air Minum Jayapura Robongholo Nanwani (Perseroda), Dr. H. Entis Sutisna, SE, MM, CGRM.

” di mana hari ini kita mendapatkan apresiasi dari Top BUMD Awards 2024 bintang 5, yang mana merupakan kategori tertinggi,” kata Entis Sutisna, dalam rilisnya yang diterimah redaksi, Kamis (21/3/2024).

Menurutnya, penghargaan ini juga berkat motivasi dan aragan Penjabat Bupati Jayapura dan Penjabat Walikota Jayapura yang senantiasa mendukung sepenuhnya keberadaan PT. Air Minum Jayapura.

Dikatakan, predikat bintang 5 dengan predikat Excellent yang diraih PT. Air Minum Jayapura mendapat penilaian pencapaian kinerja baik, kepemimpinan dan manajemen yang baik yang selaras dengan visi BUMD.

“Melakukan inovasi / perbaikan berkelanjutan yang didukung teknologi informasi, memiliki peran penting dalam pembangunan perekonomian daerah dan menjadi benchmarking BUMD lainnya,” imbuhnya.

Sebelumnya di tahun 2022, PT. Air Minum Jayapura sambung Sutisna, yang dulu masih berbadan hukum PDAM Jayapura, meraih kategori penghargaan Perumda Air Minum Bintang 4, dengan predikat sangat baik.

“Ada beberapa pencapaian yang menjadi penilaian awards, pertama adalah apresiasi kinerja yang semakin baik dengan kategori sehat, yang kedua adalah apresiasi atas inovasi di perusahaan yang telah melakukan perubahan cukup fundamental dalam pengelolaan teknologi informasi baik secara internal pegawai maupun layanan pelanggan,” papar Sutisna.

Kemudian, sambung Sutisna, yang ketiga adalah kontribusi Pendapatan Asli Daerah (PAD) kepada pemerintah daerah, di mana di tahun 2023 berhasil menyetor Rp 1,2 Milyar, dan di tahun 2024 akan ditingkatkan menjadi Rp 1,4 Milyar.

Sementara itu, Pj Wali Kota Jayapura Frans Pekey mengatakan sebagai salah satu pemilik dari BUMD Air Minum, PT. Air Minum Jayapura mengalami kemajuan tata kelola perusahaan yang sangat luar biasa dan memberikan optimisme bagi pengembangan ke depannya.

“Apresiasi ini telah melalui penilaian yang sangat ketat dan bukan yang pertama menerima, karena di tahun ini naik kelas menjadi bintang 5, setelah melalui bintang 4 di tahun sebelumnya atas kinerja perusahaan yang semakin sehat, dan perbaikan inovasi dalam bidang pelayanan, selamat dan Sukses untuk PT. Air Minum Jayapura,” katanya.

Dikatakan, ajang penganugerahan tahunan bagi BUMD di seluruh Indonesia ini menyoroti aspek Achievement (Penghargaan), Improvement (Perbaikan) dan Contribution (Kontribusi) BUMD kepada pemerintah daerah, dalam hal pelayanan , kinerja bisnis dan kontribusi Pendapatan Asli Daerah.

“Agenda tahunan yang dipelopori Majalah Top Busines terbitan PT. Madani Solusi Internasional, bekerja sama dengan Institut Otonomi Daerah, Lembaga Kajian Nawacita, SGL Management, PPM Management, Sinergi Daya Prima, Dwika Consulting dan sejumlah lembaga lainnya,” ujarnya.

Selain Pj Bupati Kabupaten Jayapura Triwarno Purnomo, saat menerima penghargaan kategori Top Pembina, mengucapkan terima kasih kepada masyarakat, pelanggan dan perusahaan telah memberikan pelayanan terbaik dan memperoleh atas hasil kinerja baik.

“Saya mengucapkan banyak terima kasih atas inovasi dan kontribusi, saya juga mengajak seluruh masyarakat untuk mendukung selalu PT. Air Minum Jayapura agar selalu berkierja semakin baik,” katanya.

(red)