Dewan Adat Saireti Suarakan Pilkada Damai di Tanah Papua

Jayapura,Teraspapua.com – Dewan Adat Wilayah Saireri Provinsi Papua mendukung penyelenggaraan Pilkada Damai Tahun 2024 dan pengangkatan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten/Kota atau DPRK  ‘jalur Otsus’.

Hal ini diungkapkan Ketua Dewan Adat wilayah Saireri, Sopater Ayomi, Selasa (21/5/2024).

banner 325x300banner 325x300

Kata dia, seluruh rakyat Papua harus turut menjaga keamanan dan kenyamanan di Papua termasuk di Kepulauan Yapen  terutama jelang Pilkada.

Ia juga mendukung pengangkatan anggota DPRK di Yapen agar berjalan sesuai mekanisme yang berlaku.
Ia mengharapkan pengangkatan anggota DPRK nantinya sesuai dengan wilayah adat,  mengakomodir masyarakat adat dan memajukan masyarakat dan kampung.

“Saya mengimbau kepada semua pihak termasuk masyarakat di seluruh Tanah Papua termasuk Saireri khususnya Pulau Yapen,  dalam rangka menyongsong pemilihan kursi rakyat DPRK di Yapen dan juga Pilkada  2024, mari kita sama-sama menjaga kamtibmas, ” ujar Sopater Ayomi, Selasa.

Kata dia, dukungan terhadap pengangkatan Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten/Kota (DPRK) harus berjalan lancar. Harapan besar juga dalam pelaksanaan Pilkada di Papua.

Menurutnya, semua pihak harus bersinergi, membangun kerjasama yang baik demi terciptanya pilkada yang jujur adil, bermartabat dan tentu penuh kedamaian.

“Menjaga kamtibmas bukan tanggungjawab aparat saja, bukan tanggung jawab Polri dan TNI saja, tetapi menjadi tanggung jawab semua pihak termasuk masyarakat umum, ” katanya.

Ia pun mengapresiasi aparat keamanan yang terus berkomunikasi dengan semua pihak untuk menjaga dan menciptakan situasi yang aman.

“Sekali lagi, mari kita sama-sama menjaga keamanan dan kenyamanan kedamaian di Papua, ” tutup Sopater Ayomi lagi.