Lulus 100 Persen, SMPN1 Jayapura Gelar Acara Penamatan Bagi 378 Peserta Didik Kelas IX

Proses penamatan oleh Kepala Sekolah, Purnama Sinaga

Jayapura, Teraspapua.com – SMP Negeri 1 Jayapura secara resmi menamatkan 378 peserta didik kelas IX yang dinyatakan lulus 100 persen, tahun pelajaran 2023/2024 di gedung Sasana Krida kantor Gubernur Papua, Senin (10/6/2024).

Penamatan ini dengan tema ” Melangkah maju, wujudkan mimpimu.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Jayapura, Abdul Majid kepada Teraspapua.com mengatakan, pelaksanaan syukuran perayaan penamatan berjalan baik, dan saya kira terkomunikasi dengan baik dengan seluruh komite, paguyuban dan dewan alumni yang membuat sesuatu berbeda dengan sekolah-sekolah yang lain.

“Saya berharap, penamatan tahun ini bisa menginspirasi sekolah yang lain. Mereka menggunakan pakaian-pakaian yang profesional sebagai wujud mengapresiasi cita-cita besar pada anak-anak kita,” kata Majid.

Buat anak-anakku, syukuri jangan terlalu berlebihan euphoria, kegiatan perayaan kali ini masih ada panjang cita-cita besar, asa mimpi anda, nikmati proses ini.

Abdul Majid juga mengatakan, hari ini 49 SMP Negeri Swasta yang ada di kota Jayapura menamatkan 4.466 peserta didik dan dinyatakan lulus 100 persen, semuanya memenuhi kriteria minimal.

“Saya berharap kepala sekolah, pengawas pembina mempersiapkan pentahapan bagi siswa SMP Negeri 1 Jayapura bisa tutas dan sukses,’ kata Majid.

Dikatakan, hari merupakan tonggak yang bersejarah bagi anak-anak untuk selanjutnya mengepakan sayap terbang lebih tinggi, menjulang ke angkasa untuk mengejar cita-cita anda.

“Tiada hari tanpa prestasi adalah merupakan nyata, setiap satu kegiatan dari hari ke hari. Tiada yang bisa menghalangi, prestasi itu senantiasa datang kepada anak-anak kita,” tandasnya.

Majid juga berpesan kepada bapak ibu guru untuk terus bersama berkolaborasi, kita tingkatkan profesionalisme dalam mengimplementasikan profil pelajar Pancasila.

Sementara Kepala SMP negeri 1 Jayapura, Purnama Sinaga mengaku bersyukur dan sangat bangga, karena 378 peserta didik ini mereka lengkap mengikuti semua tahapan untuk sampai pada jenjang hari ini.

“Mulai dari try out pertama, kedua dan dapat mengikuti ujian sekolah dengan jadwal dan puji Tuhan, karena mereka semua siap mengikuti dan meraih hasil yang terbaik,” tutur Purnama Sinaga.

Kami pun bersyukur atas dukungan dari orang tua melalui panitia, sehingga bisa menyelenggarakan kegiatan-kegiatan yang begitu bermakna, bergembira bersama-sama anak-anak lewat gathering family School untuk anak-anak kelas IX pada tanggal 1 Juni 2024.

Kemudian pada tanggal 4 Juni 2024 dilakukan kegiatan pentas seni, dan hari ini di tanggal 10 mereka boleh merayakannya.

Purnama Sinaga juga menuturkan beberapa prestasi di tingkat nasional yang ditorehkan oleh perserta didik baik kelas VIII maupun kelas IX.

“Peserta didik kelas IX, Wandana yang lolos O2SN tahun 2023 di tingkat nasional. Tahun ini juga salah peserta didik lagi lolos ke O2SN tingkat nasional, tapi masih kelas VIII, yaitu Rezky untuk renang,” tuturnya.

Untuk itu, Purnama Sinaga mengucapkan terima kasih kepada anak-anak yang berprestasi dan mengharumkan nama baik sekolah.

Menurut Purnama, peserta didik SMPN1 Jayapura semunya berlomba untuk mengikuti ajang prestasi, namun ada yang sampai di tingkat Provinsi, lalu ada yang sampai di tingkat nasional.

Semua bisa meraih juara 1, 2 dan 3, jadi kami sangat bangga dengan anak-anak SMPN1 saat ini, karena mereka adalah anak-anak yang sangat disiplin,” jelasnya.

“Tiga tahun sudah peserta didik ini berada dengan kami di sekolah, kita lewati dengan suka dan duka, ada yang mengalami kesulitan dalam belajar, perjuangan yang begitu sulit untuk bersekolah. Namun hari ini kalian sudah sampai pada tahap yang terakhir,”ungkapnya.

Pihaknya juga mengucapan terima kasih kepada orang tua yang mensupport anak-anak dan hari-hari ini kami mengembalikan putra-putri untuk melanjutkan kepada jenjang berikut.

Semoga apa yang menjadi cita-cita dan kerinduan orang tua dan anak-anak dapat tercapai,” tandasnya.

Ditempat yang sama, Ketua Komite Toni Wanggai mengatakan, SMPN1 menjadi terbaik dibawah kepemimpinan Purnama Sinaga.

“Kami sebagai Ketua Komite dan anggota mengucapkan selamat dan sukses atas keberhasilan seluruh siswa kelas IX yang telah tamat di SMP Negeri 1 Jayapura,” ujarnya.

Kalian harus bersyukur bahwa kalian telah masuk SMP Negeri 1, sebagai SMP favorit, terbaik di tanah Papua. Kalian bisa punya prestasi lulus dengan nilai yang baik.

Selain itu, Ketua Dewan Alumni Nicolas Youwe menambahkan, setelah lulus anak-anak akan melanjutkan ke tingkat SMA. Belajar adalah sebuah proses yang berlangsung, berjalan seumur hidup kalian.

“Sebagai dewan alumni, Youwe berpesan kepada peserta didik kelas IX yang telah tamat bawa apa yang sudah diajarkan oleh para guru untuk membentuk karakter, sikap untuk menambah pengetahuan anak-anak dan itu menjadi pegangan yang tidak bisa dilupakan,’ ujarnya.

Mantan Ketua OSIS SMPN1 Jayapura, Cheril Raindelin Twidy Hutajulu atas nama peserta didik kelas IX menghaturkan terima kasih kepada bapak ibu guru yang telah membantu kami dalan proses belajar selama kurang lebih tiga tahun.

“Kami yang dulu tidak bertemu secara langsung, hanya berkenalan melalui layar mengumpulkan tugas lewat aplikasi, beradaptasi dengan banyak hal baru,” ungkapnya.

Bisa dibilang kami angkatan terakhir pandemik. Semuanya berjuang dengan hebat pada masa itu. Walau belajar di rumah, Walau bapa ibu guru mengajar hanya sebatas layar, tanpa kegigihan bapa ibu guru, kami tidak akan mencapai titik ini,” pugkasnya.

(Har)