Tangani Sampah Di Kota Jayapura Butuh Dukungan Semua Pihak

Jayapura, Teraspapua.com – Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Jayapura, Ketty kailola menyatakan diperlukan perwujudan komitmen bersama seluruh pihak dalam upaya mengatasi bahaya sampah diperlukan motivasi untuk kerja yang sistematis dalam mengurangi sampah, mengelola sampah berkelanjutan melalui kegiatan daur ulang dengan sistem Reduce, Reuse dan Recycle (3R).

“Namun yang terpenting adalah upaya bersama dan dukungan semua pihak pemerintah masyarakat dan dunia usaha. Dalam gerakan dengan dukungan masyarakat dan pemerintah, penanganan sampah di kota Jayapura merupakan modal sosial yang unik, tentu saja juga telah berkembang ragam inovasi para profesional dunia usaha,” ujarnya di Jayapura, Jumat (18/10/2019).

banner 325x300banner 325x300

Menurut Kailola, pemerintah kota Jayapura telah mengeluarkan regulasi, pengurangan sampah plastik yaitu penerapan penggunaan kantong belanja alternatif pengganti kantong plastik terutama di retail modern.

“Selain itu juga bank sampah circular economy dan landasan kesadaran mulai dari rumah tangga merupakan modal dasar kita untuk secepatnya bersama-sama sampai pada bebas sampah dan bebas sampah plastik pada 2025,” ungkapnya.

Kailola menambahkan, kepedulian lingkungan dengan upaya reduce, reuse dan recycle pengelolaan sampah dan limbah patut ditingkatkan.

“Hal ini perlu dilakukan demi menjaga alam alam yang terjaga akan memberikan fungsinya kepada manusia untuk kehidupan yang lebih aman dan nyaman serta dapat meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat,” pungkasnya.