Ratusan Guru Dan Kepsek Kota Jayapura Ikut Penyusunan Soal PAS

Ratusan Guru dan Kepala Sekolah Dasar yang tergabung dalam, Kelompok Kerja Guru (KKG) ,mengikuti penyusunan soal Penilaian Akhir Semester

Jayapura,Teraspapua.com – Ratusan Guru dan Kepala Sekolah Dasar yang tergabung dalam, Kelompok Kerja Guru (KKG) ,mengikuti  penyusunan soal Penilaian Akhir Semester  (PAS) ganjil  tahun pelajaran 2019-2020.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh pemerintah kota Jayapura melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan,Bidang Pembinaan SD ini berlangsung di lantai 7 Grand Abe Hotel .Selasa (22/10/2019) dan di buka secara resmi oleh Kepala Bidang  (Kabid) Pembinaan Sekolah Dasar (SD) .Ellen Montolalu,S.Pd.M.Pd “.

“ Kehadiran Kelompok Kerja Guru yang ada di kota Jayapura bertujuan untuk memperluas wawasan dan pengetahuan guru,dalam penguasaan materi pembelajaran” Kata kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan,Dr.Fachruddin Pasollo,M.Si dalam sambutan yang di wakili Kabid Pembinaan SD .Ellen Montolalu,S.Pd.M.Pd “.

Yang akan dilaksanakan adalah  penyusunan silabus,bahan-bahan pembelajaran , strategi pembelajaran dan juga menyusun bahan evaluasi atau penilaian” ujarnya”,

Dengan  terbentuknya KKG yang ada di setiap gugus, dapat memperlancar upaya peningkatan kemampuan profesional guru secara optimal, terorganisir dan berkesinambungan oleh para guru “harapnya”.

Kepala Bidang Pembinaan Sekolah Dasar .Ellen Montolalu,S.Pd.M.Pd ,saat Membuka Kegiatan Ditandai Dengan Penabuhan Tifa.

Lanjut Ellen,Kegiatan yang dilaksanakan ini dapat mendukung penciptaan kegiatan belajar mengajar yang aktif,sembari berharap kegiatan ini merupakan awal, untuk memulai menata,mengoptimalkan KKG yang ada di gugus  masing-masing.

Untuk itu kelompok kerja yang ada di gugus masing-masing dapat menjadi tempat atau bengkel bagi para guru untuk berdiskusi masalah-masalah yang ada di sekolah ,khusus pembelajaran.

Selain itu juga saling berbagi sehingga semua guru yang ada di kota Jayapura,  memiliki kemampuan profesional yang lebih baik ”imbuhnya”.

Kepada ketua KKG Kabid minta supaya menyusun program kerja di masing-masing kelompok, sehingga bisa kita maksimalkan dengan peningkatan profesionalisme guru , untuk peningkatan mutu pendidikan di kota Jayapura.

Selain itu para ketua KKG dapat membuat kegiatan yang sama di mamsing-masing kelompok,mengingat kegiatan seperti ini belum tentu ada di tahun mendatang .

Agus Asem.S.Sos ,ketika menyampaikan laporan panitia,mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk menyatukan persepsi dan pandangan terhadap penilaian pada akhir semester.Menyeragamkan bentuk dan jenis penilaian an serta teknik pemberian skor penilaian pada setiap KD.

Kemudian untuk mengaktifkan KKG dengan memberdayakan anggota dan pengurus dalam penyusunan kisi-kisi dan perangkatnya serta memberikan kesempatan ketua ketua gugus untuk menjadi revieuwer.

Kegiatan ini berlangsung selama 3 hari yang dimulai dari tanggal 22 sampai dengan 24 Oktober dengan peserta adalah guru dan kepala sekolah dari 14 gugus yang terdiri dari 102 orang.

Untuk perangkat yang dibuat antara lain .Penyebaran nomor soal/ pemetaan nomor soal setiap KD Per Mapel, kisi-kisi ,soal lembar jawaban, kunci jawaban dan pedoman penskoran.

Lebih lanjut dilaporkan untuk tim review penyusunan soal penilaian akhir semester ganjil tahun 2019-2020 bawah ini adalah para ketua gugus yang terdiri atas 14 kepala sekolah.

Pihkaknya juga menghadirka  5 orang pengawas sebagai Nara Sumber  “tutupnya”

(Let).