KKIG Papua Gelar Makan Sumbang Peringati Hari Patriotik

Suasana Makan Sumbang Dalam Rangka Memperingati Hari Patriotik 23 januari 2020 Yang ke - 78

Jayapura,Teraspapua.com – Dalam rangka memperingati hari Patriotik  23 januari 2020 yang ke – 78.DPD Kerukukunan Keluarga Indonesia Gorontalo (KKIG) Provinsi Papua dan DPC Kota Jayapura melaksanakan acara makan sumbang,di lokasi wisata pantai Hamadi,minggu (19/1/2020).

Dari momen ini tema yang diangkat ” Semangat hari Patriotik 23 januari 2942 menginspirasi warga Gorontalo rantau peduli sesama dan peka terhadap nilai-nilai kemanusiaan.

banner 325x300banner 325x300

Selain Wali Kota Jayapura .Dr.Benhur Tomi Mano.MM,turut hadir juga ketua DPD KKIG Provinsi Papua,Dr.Merlan S.Uloli.SE.MM,,Ketua DPC KKIG Kota Jayapura.Alex Deu,Spd.M.Pd.ketua panitia Hj.Rahtim Akuba,ST.

Wali Kota Jayapura,Dr.Benhur Tomi Mano.MM ,dalam sambutan meminta warga KKIG, hidup saling menghormati menghargai satu dengan yang lain,hidup bersahabat dengan semua orang dari suku agama serta adat manapun ” ajaknya.

BTM,juga menyampaikan terima kasih kepada orang Gorontalo yang telah memberikan sumbangsih untuk pendidikan di kota Jayapura ,juga dalam dunia birokrasi TNI Polri dan swasta.

Untuk itu saya mohon kepada seluruh orang Gorontalo yang ada di kota Jayapura untuk menjaga keamanan dan ketertiban di kota Jayapura “pintanya.

Selain itu membantu pemerintah kota menjaga toleransi dan kerukunan antar umat beragama, yang terpenting adalah menjaga kebersihan dan keindahan kota Jayapura.

Kota Jayapura lanjut BTM,merupakan rumah kedua bagi warga Gorontalo yang tinggal di kota ini, yang merupakan rumah istana dan honai kita bersama .

“ Mari sama-sama menjaga kota ini karena kota ini adalah kota yang majemuk dan heterogen karena semua suku bangsa ada di sini “ajak BTM.

Pada kesempatan tersebut BTM,minta kepada ketua dan pengurus KKG untuk mendata semua warga Gorontalo yang tinggal di kota Jayapura, pastikan semuanya harus memiliki KTP – elektronik “tadasnya.

Sementara itu Ketua DPD KKIG Provinsi Papua,Dr.Merlan S.Uloli.SE.MM,  menyebutkan kegiatan ini rutin dilakukan oleh pengurus DPD KKIG provinsi yang  kolaborasi dengan DPC KKIG Kota Jayapura.

“ Kegiatan ini kita awali dengan KKIG berbagi yaitu warga Gorontalo menyapa dan berbai kasih kepada petugas kebersihan pada pukul empat  subuh sampai pukul delapan  pagi “ungkapnya.

Di mana pada momen berbagi itu KKIG, menyediahkan sarapan  bubur kacang ijo dan nasi kuning khas Gorontalo kepada seluruh petugas kebersihan yang tersebar di 5 distrik.

Kami baru menyapa sekitar 300 buruh kebersihan , sejak pukul 04.00 subuh saat membersihkan seluruh wilayah kota Jayapura “katanya.

Dikatakan juga bahwa kerinduan masyarakat Gorontalo terhadap makanan khas, disamping itu kami ingin memperkenalkan bahwa Gorontalo punya makanan khas yang enak untuk disajikan.

Dengan begitu,maka tentu akan  memperkaya kuliner masyarakat Papua dan dunia pariwisata di kota Jayapura.

Pada kesempatan tersebut juga Merlan mengakui seluruh masyarakat Gorontalo sangat mendukung program yang dicetus pengurus KKIG ,hal ini tentu  sebagai kekuatan untuk selalu berinovasi .

Masyarakat kami sangat mendukung program-program yang dicetus,sehingga kami senang untuk berinovasi terhadap program-program yang mungkin tidak dilakukan oleh kerukunan lain “ujarnya.

“ Jadi saya senang membuat segala sesuatu yang tidak pernah orang lain buat, karena dibalik kekurangan itu menghasilkan dampak yang sangat positif “kata Merlan.

Kami berpikir bagaimana kami bisa berdampak baik dan bisa berbagi dengan semua orang sebagaimana tema Natal di tahun 2019 “ Jadilah sahabat bagi semua orang.

Lanjut dijelaskan Merlan , tema Natal ini kita kolaborasi dan kenyataan membuktikan bahwa kita sudah menunjukan wujud nyata yaitu dengan berbagi kasih dengan para buru kebersihan.

Menjelang momen Patriotik ,KKIG juga mempunyai program untuk melakukan ziarah ke Taman Makam Pahlawan Waena  pada tanggal 23 Januari mendatang.

Selain itu pada tanggal 24 pihaknya akan berkolaborasi dengan Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 713/Satyatama, Gorontalo, untuk melakukan penanaman pohon di distrik Muara Tami “pungkasnya.

(Let).