Jelang Peksanaan UN, MKKS SMP-Mts Gelar Pertemuan Satukan Visi

Kepala Dianas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Jayapura,Fachruddin Pasolo,M.Si saat memberikan arahan di damping Ketua MKKS Purana Sinaga,Kabid Pembinaan SMP Abdul Majid dan pengawas pembina SMP

Jayapura,Teraspapua.com – Menjelang pelaksanaan Ujian Nasional tahun ajaran 2019/2020,para kepala Sekolah yang tergabung Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP / MTS kota Jayapura melakukan pertemuan untuk menyatuhkan visi.

Pertemuan yang berlangsung di SMP Negeri 2 Jayapura,Kamis (6/2/2020) itu dihadiri Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Jayapura,DR.Fachruddin Pasolo,M.Si,Kepala Bidang Pembinaan SMP ,Abdul Majid dan Alex Dew Pengawas Pembina SMP.

 Usai melakukan pertemuan Kepala Dinas menuturkan, pertemuan yang dilakukan oleh para kepala sekolah SMP yang tergabung dalam MKKS ini rutin dilakukan.

Namun kali ini pertemuan lebih khusus  untuk membicarakan persiapan – persiapan terkait pelaksanaan Ujian Nasional.

“ Jadi kesiapan kita dari sisi peserta, bagaimana mereka menyiapkan siswa untuk mengikuti try out, kemudian bagaimana sistem pengawasan dan pembuatan soal “ ujar Pasolo.

Pada pertemuan ini , para kepala sekolah ,Kepala Bidang dan pengawas berkumpul satukan visi untuk membicarakan tentang format yang harus dilakukan.

Kemudian ada hal-hal lain terkait dengan manajemen dan tata kelola anggaran, kemudian bagaimana kita bisa menterjemahkan implementasi visi dari pemerintah pusat dalam hal ini menteri pendidikan.

Bahkan kata Kadisdik visi dari  Walikota Jayapura, yang selalu menggaungkan peningkatan kualitas pendidikan di ibu kota provisi Papua ini.

Dari pertemuan ini Fahcruddin berharap  ada satu persepsi dan terkait pelaksanaan dari kebijakan untuk harus merubah mindset  untuk  satu visi yaitu bagaimana meningkatkan pendidikan yang lebih baik “jelasnya.

Lanjut dikatakan,selain pertemuan dengan MKKS SMP, sebelumnya dilakukan pertemuan dengan kelompok kerja kepala sekolah dasar yang berlangsung di SD Gembala Bait yang dihadiri  104 kepala sekolah.

Yang dibicarakan pada pertemuan tersebut yaitu bagaimana konsep pembelajaran dan persiapan ujian ,serta bagaimana pengelolaan dana BOS yang baik “ungkap Fachruddin.

Kemudian hak-hak mereka terkait dengan penginputan kinerja kepala sekolah melalui aplikasi e-BTM,karena sistem tersebut ada menu-menu yang belum bisa mengakomodir kinerja laporan dari sekolah.

Imelda Sesa  kepsek  SMP Negeri 2 Jayapura selaku tuan rumah pertemuan MKKS SMP/Mts ,menyampaikan terima kasih dan menyambut baik kedatangan para kepala SMP dalam rangka kegiatan MKKS di SMP Negeri 2 ini.

Berkaitan dengan ujian nasional SMP Negeri 2 sudah mempersiapkan diri di mana ada 414 siswa telah siap mengikuti ujian nasional dan telah diikut sertakan dalam pengayaan ,pendalaman materi “ujarnya.

“ Nantinya 414 siswa ini akan disebarkan di 5 Ruang lab komputer yang telah disiapkan “

Untuk itu pada pelaksanaan Ujian nanti pihaknya meminta kepada PLN dan Telkom untuk mendukung proses ini agar anak-anak bisa melaksanakan ujian dengan baik “pungkasnya.

(Let)