<

Pastikan Progres Fisik, Benhur Tomi Mano Tinjau Proyek Pembangunan Jelang Akhir Tahun

Jayapura, Teraspapua.com – Menjelang akhir tahun anggaran 2020, Wali Kota Jayapura, DR. Benhur Tomi mano,MM meninjau semua proyek pembangunan yang di banguan menggunakan APBD setempat.

Orang nomor satu di ibu kota provinsi Papua itu turun dan ingin memastikan langsung progres fisik dari setiap proyek yang ada di lima Distrik, seperti rumah sakit tipe C di Koya Barat, GOR Waringin di Koya Timur distrik Muara Tami.

Kemudian pasar baru Youtefa, graha PGRI di kotaraja, puskesmas Yoka, puskesmas Jayapura Utara, puskesmas Imbi dan terminal tipe A Entrop.

Pantauan media ini, Walikota di dampingi Wakil Walikota, Ir. H. Rustan Saru,MM, Sekda Kota, DR. Frans Pekey,M.Si, Kepala Dinas PUPR, Novdi J. Rampi, Kepala Bappeda, DR. Ir. Rori Huwae, Kepala Dinas Kesehatan, dr. Ni Nyoman Sri Antari.

Turut juga, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, DR. Fachrudin Pasolo, M.Si, Kepala Dinas Perhubungan, Justin Sitorus, Kadispora, Rocky Bebena, Kabag Pemerintahan Raimon Mandibodibo, Kabag Humas, Lukman, S. Sos dan instansi terkait.

Benhur Tomi Mano mengemukakan, dirinya bersama Wakil Walikota mengecek sejauh mana progres pembangunan fisik dan dana. Kegiatan – kegiatan yang ditinjau tentu dibiayai oleh APBD Kota dan bantuan dari pemerintah pusat.

“Semua pembangunan ini adalah hasil dari pajak daerah dan pajak Negara,” terangnya.

Lanjut diuraikan, yang dikunjungi adalah rumah sakit pemkot Jayapura di Koya Barat yang progresnya sudah mencapai 95%, sembari janji dan siap dilantik direktur rumah sakitnya.

Saat meninjau RS saya bertemu langsung dengan semua petugas, sedangkan untuk penataan RS akan dipercayakan kepada dr. Nico Barends, M.Kes,” imbuhnya.

Selain itu yang ditinjau juga adalah Gedung Olahraga (GOR) pemkot Jayapura di Koya Timur yang progress pembangunan, saat ini tinggal penataan halaman dan pamasangan keramik.

“Kita rencanakan di awal maret 2021 sudah bisa diresmikan. Menurutnya GOR ini multi fungsi, ada untuk bulu tangkis, basket, bola voli, tenis lapangan, futsal dan sepak takraw,” rincinya.

Selanjutnya jelas Benhur Tomi Mano, pihaknya meninjau pasar Youtefa baru yang rencana dalam bulan November akan diresmikan, dan para pedagang akan masuk bertahap.

“Para penjual mama – mama Papua, penjual sayur, ikan, daging. Sebut Walikota juga saat ini lagi dibangun pasar buah yang target penyelesaiannya pada bulan November,” ujarnya.

Peninjauan selanjutnya yakni, graha PGRI kota Jayapura dan juga tinggal finishing, rencananya akan diresmikan pada bulan November atau Desember tahun ini.

Lebih lanjut dikatakan, yang terpenting adalah pembangunan rumah sakit Yoka, konstruksi 2 lantai yang target penyelesaian di bulan Desember tahun ini.

Begitu juga kata putera asli Port Numbay itu, Puskesmas Jayapura Utara konstruksi 3 lantai dan Puskesmas Imbi 3 lantai, rumah dokter dan para medis yang ditargetkan akan selesai juga pada bulan Desember tahun ini,” pungkasnya.

(Let).