banner 728x250

SIT Qurrota A’ Ayun Abepura Gelar Akhirussanah Pelepasan Siswa TK, SD dan SMP

  • Bagikan

Jayapura, Teraspapua.com – Sebanyak 107 siswa Sekolah Islam Terpadu (SIT) Qurrota A’ Yun Abepura baik TK, SD dan SMP dinyatakan lulus 100 persen tahun pelajaran 2020 – 2021. Jumlah lulusan sebanyak 107 siswa, terdiri dari TK ( 35 ), SD ( 51 ) dan SMP ( 21 ) siswa.

Pihak Sekolah menggelar Akhirussanah (perayaan akhir tahun pembelajaran ) pelepasan siswa. Prosesi berlangsung di lantai 7 Grand Abe Hotel Kamis( 10/6/2021). Diawali dengan pembacaan Ayat Suci Al- Qur ‘ an oleh salah satu siswa, Zaskya Damayanti.

banner 325x300

Tema yang diusung pada hajatan ini ” Saling Menguatkan Meraih Prestasi ”

Wali Kota Jayapura, Benhur Tomi Mano dalam sambutan tertulis yang dibacakan Asisten III Setda Amos Salosa berpesan kepada para siswa untuk terus meningkatkan semangat belajar. Jadilah teladan yang baik bagi adik – adik kelas nantinya.

“Perubahan bangsa berawal dari kita. Ukirlah prestasi dan ubahlah negeri. Harapan negeri ini ada pada pundak kalian, apabila telah sukses tengoklah almamater tempat dimana kalian dibina hingga menjadi manusia yang sukses,” pesannya.

Wali Kota pada kesempatan itu juga mengucapkan terima kasih atas teladan dan bimbingan pengajaran yang tulus tanpa kenal lelah yang selama ini para guru berikan kepada para siswa.” tandasnya.

Ditempat yang sama Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Jayapura, Fachruddin Pasolo juga mengatakan, pendidikan ini sebuah proses untuk membentuk manusia manusia yang tidak saja cerdas dalam memahami sains. Tapi juga harus memiliki ketajaman intelegensi spiritual yang mumpuni.

Supaya, bisa mengimbangi agar anak – anak menjadi tidak saja cerdas dari sisi ilmu pengetahuan. Tapi juga memiliki karakter moral akhlak yang baik.

“Untuk mencetak dan mengeluarkan anak – anak dengan berkualitas. Generasi kita yang unggul, maka tentu tidak terlepas dari peran guru, karena punya peran yang strategis dan utama,” ujar Fachruddin.

Kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi apapun tidak bisa gantikan peran seorang guru dan hal-hal yang bersifat mentransfer. Yang paling penting adalah membentuk perilaku anak – anak,” lanjut Fachruddin.

Fachruddin mengakui, manajemen dan sarana Pendidikan Yayasan Al-Barakah dengan satuan pendidikan Qurrota ini sangat baik. Walaupun baru 10 tahun berkipra tapi sudah melahirkan peserta didik yang cukup baik.

Harapan kita adalah, sekolah – sekolah yang dibangun oleh masyarakat bisa mandiri. Peserta didiknya berkontribusi, bahkan telah mengikuti Tilawatil Qur’An dan mewakili Provinsi Papua pada tingkat Nasional.

“Kita harapkan, sekolah – sekolah yang lain juga bisa ikut SIT Qurotta, meskipun dalam usia masih terlalu muda. Tapi sudah punya peserta didik yang berdaya saing sama dengan satuan pendidikan yang lain,” tukasnya.

Sementara itu, Direktur Pendidikan SIT QtA Abepura, Komari menuturkan, Sejak sekolah ini berdiri 10 tahun lalu, telah meluluskan kurang lebih 360 Siswa TK, untuk 13 angkatan, SD (150) 5 angkatan dan SMP (21) untuk angkatan pertama.

Menurut Komari, tahun ini ada sedikit penurunan jumlah siswa, dan dialami oleh SIT Qurrota di seluruh Indonesia karena pandemi covid – 19.

Sehingga, belajar tatap muka antara guru dan siswa memberi pengaruh yang sangat besar bagi pencapaian peroses pembelajaran. Kendati begitu kita patut bersyukur karena masih ada anak-anak kita yang berprestasi.

Dia juga menambahkan, uniknya sekolah ini memiliki dua program yaitu reguler dan berasrama. Untuk program asrama ada 1 muatan lokal yang menjadi unggulan yaitu hafalan Al-Qur’An. Ditargetkan dalam 3 tahun 30 juz.

Meskipun, lanjut Komari, program ini baru 2 tahun tapi sudah mendapatkan hasil yang menggembirakan walaupun belum sesuai dengan target.

Ujar Komari, keberadaan sekolah Islam Terpadu Abepura ini dari waktu ke waktu terus mendapatkan kepercayaan semakin besar. Baik dari emerintah maupun masyarakat.

Dimana, jumlah siswa baru yang mendaftar untuk SMP berasrama mengalami peningkatan yang sangat signifikan. Bahkan lebih dari 100 persen,” pungkasnya.

(Let)

 

 

 

  • Bagikan