banner 325x300

Tiga Siswa SMP Negeri 1 Jayapura Menjuarai dua Lomba di Tingkat Nasional

  • Bagikan
3 Siswa yang menjuarai lomba tingkat nasional saat foto bersama dengan Kepala Sekolah dan Guru

Jayapura, Teraspapua.com – Tiga Siswa SMP Negeri 1 Jayapura menjuarai lomba yang di selenggarakan di tingkat Nasional baik oleh Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Prestasi yang mampu ditorehkan oleh siswa-siswi SMP Negeri 1 ini juga tidak terlepas dari motivasi yang terus didorong oleh kepala sekolah dan dewan guru, komite bahkan orang tua.

Kepala SMP Negeri 1 Jayapura, Purnama Sinaga kepada media ini mengatakan, dalam rangka hari lingkungan hidup sedunia, tanggal 5 Juni 2021, Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan menyelenggarakan kegiatan edukasi lingkungan bagi generasi muda.

“Kegiatan tersebut diselenggarakan pada tanggal 29 Juni 2021 secara virtual. Yang bekerjasama dengan Kemenko PMK dan Kemendikbud,” kata Purnama Sinaga kepada Teraspapua.com, Kamis ( 1/7/2021).

Dalam kegiatan itu lanjutnya, diselenggarakan 2 kegiatan lomba, yaitu unggahan video bertemakan lingkungan hidup dan edukasi lingkungan hidup.

Menurutnya, peserta yang ikut dalam lomba tersebut adalah sekolah-sekolah yang sudah Adiwiyata Nasional dan Adiwiyata Mandiri se-indonesia, dari tingkat SD – SMK.

“Kami bersyukur siswa – siswa kita dari kota Jayapura khususnya SMP Negeri 1 bisa menjuarai dua kategori lomba itu,” terangnya.

Dijelaskan, juara I untuk unggahan video yaitu Deni Frits Yufuai yang berhasil menyingkirkan 99 peserta lain dari seluruh Indonesia.

Sedangkan untuk kuis edukasi juara 1, diraih Noviyanti Yakadewa. Peserta yang ikut di lomba ini sebanyak 935 orang dari seluruh Indonesia,’ sambunya.

Menurutnya, untuk juara 1 dan juara 2 akan menjadi dokumentasi Kementerian lingkungan hidup. Untuk hadiah pemenang akan dikirim langsung kepada para pemenang.

Untuk itu Purnama Sinaga menyampaikan selamat kepada kedua siswa tersebut yang mampu menjuarai lomba yang diselenggarakan oleh Kementerian lingkungan hidup mewakili Provinsi Papua.

Selain itu, salah satu anggota tim dari peserta lomba mengikuti lomba kompetensi sains bidang IPA. Yang diselenggarakan oleh Pelatihan Olimpiade Sains Indonesia (POSI). Yang juga meraih juara 1.

“Kami cukup bangga dengan prestasi prestasi yang mampu ditorehkan oleh siswa – siswi kami di masa pandemi covid 19 ini,” terangnya.

Pihaknya berharap, kiranya prestasi anak-anak yang berasal dari Papua ini akan memberikan motivasi kepada dan teman – temannya untuk meningkatkan prestasinya lagi baik di tingkat akademik maupun non akademik dan harus sesuai dengan potensi diri mereka dan bakat.

Lebih jauh dijelaskan Purnama Sinaga, untuk kegiatan lomba yang diselenggarakan di tingkat nasional selain yang diselenggarakan oleh Kementerian lingkungan hidup ada juga prestasi non akademik seperti seni dan olahraga.

Namun, karena event-nya belum ada. Tapi kami saat ini dalam tahap seleksi peserta. Dan nantinya akan kami lakukan pelatihan dan pembinaan karena sudah kami buat perencanaan dalam semester ini,” tukasnya.

(Let)

  • Bagikan