Jelang Hari Sumpah Pemuda, Dispora Kota Jayapura Gandeng OKP Gelar Aksi Bersih

Jayapura,Teraspapua.com – Jelang Hari Sumpah Pemuda yang ke 95, yang jatuhnya pada tanggal 28 Oktober, Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Jayapura gandeng Organisasi Kepemudaan (OKP) Kwarcap, dan Siswa Siswi SMA, SMK di Kota Jayapura gelar aksih bersih.

Adapun lokasi yang menjadi sasaran aksi tersebut, yakni di kawasan car free day  Holtekamp, Jumat (27/10/2023).

banner 325x300banner 325x300

Kadispora Kota Jayapura, Rocky Bebena menjelaskan, dalam rangka hari Sumpah Pemuda ke 95. Kami melaksanakan aksi bersih dengan OKP, terutama OKP yang menerima hibah dari Pemkot, kemudian kami juga libatkan kwarcab kota Jayapura dan beberapa SMA SMK yang ada di kota ini.

“Tujuan dari kegiatan ini, bagaimana agar pemuda pemudi tetap menjaga lingkungan agar tetap bersih. Dan mendukung Pemerintah kota Jayapura yang selama ini sudah menjadi ikon kebersihan dengan adanya Adipura,” terang Bebena kepada awak media.

Menurutnya, Pemuda adalah bagian dari generasi yang nantinya meneruskan pembangunan, sehingga mereka perlu peduli pembangunan di Kota Jayapura. Sala satunya aksi bersih ini, memang kegiatan ini kecil tetapi dampak sangat positif.

Bebena pun memberikan alasan kenapa memilih area car free day sebagai aksi bersih. Kalau di kota Dinas lingkungan hidup sudah banyak melakukan kebersihan sampai di lorong – lorong. Sementara tempat ini jarang dibersihkan, dan juga kendaraan yang melintas sangat padat, dan masyarakat yang melintas daerah ini suka membuang sampah dari dalam mobil.

“Oleh karena itu, dirinya menghimbau kepada masyarakat yang mengunakan kendaraan pribadinya, kalau melintas jangan lagi membangun sampah ke jalan, mari kita peduli terhadap kebersihan lingkungan,” terangnya.

Ditambahkan Bebena, adapun jumlah pemuda pemudi yang terlibat pada aksi ini sekitar 150 orang lebih. Mudah – mudahan dengan adanya kegiatan ini, dapat menumbuh kembangkan rasa cinta mereka terhadap lingkungan dan juga peduli kepada sesama. Bahkan juga dapat menjaga kebersihan bukan hanya di tempat umum, tetapi juga di lingkungan tempat tinggal, sekolah dan ditempat organisasi mereka masing-masing.

“Selain kegiatan aksi bersih pada hari ini, besok kita akan lakukan upacara kenaikan bendera peringati hari Sumpah Pemuda di Lapangan apel kantor Walikota Jayapura. Dan akan menjadi irup Pj Walikota,” tandasnya.