Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa Resmi Menutup Pelatihan PPKAPD dan PKD di Provinsi Papua

Pemberian sertifikat kepada peserta kegiatan pelatihan Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintahan Desa dan Pengurus Kelembagaan Desa (PPKAPS dan PKD) di Provinsi Papua.

Jayapura,Teraspapua.com – Direktorat jenderal bina pemerintahan desa, Kementrian dalam negeri, resmi menutup kegiatan pelatihan Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintahan Desa dan Pengurus Kelembagaan Desa (PPKAPS dan PKD) di Provinsi Papua.

Acara penutupan tersebut berlangsung di Hotel Horison Padang Bulan, Jumat (17/11/2023), malam.

banner 325x300banner 325x300

Usai menutup kegiatan tersebut, Kasubit fasilitasi kerjasama Desa Kementrian dalam negeri, Delfi Diana berharap penguatan kapasitas yang sudah di berikan kepada aparatur pemerintah desa dan pengurus kelembagaan desa ini berguna bermanfaat serta dapat meningkatakan semua kapasitas aparatur dan pengurus desa.

“Sehingga menjadi desa maju, mandiri, sejahtera dan demokratis. Sesuai deangan amanat dari undang-undang desa Nomor 6 tahun 2014,” terang Diana kepada awak media.

Ditambahkan Diana, terkait dengan dana Desa ini, dana yang langsung ditransfer dari Pemerintah Pusat ke Desa. Intinya sudah ada regulasinya, kemudian ketika regulasi itu dibuat merupakan sebagai aturan dan rambu-rambu yang harus ditaati dan dilakukan oleh pemerintah Desa.

“Jadi ketika regulasi dan aturan-aturan yang dibuat banyak, pada prinsipnya bukan untuk membatasi tetapi melaikan agar pelaksaannya sesuai dengan aturannya,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung dan Orang Asli Papua (PMK-OAP) Provinsi Papua, Markus Olua mengatakan, kegiatan yang dilakukan ini kami berharap ada integrasi dengan kami di pemerintah daerah.

Sehingga tujuan dari program itu kan kita berharap ada kemajuan, tidak bisa memberikan dana dan pelatihan saja tetapi kami berharap ada kelanjutan.

“Ini yang perlu harus kita Bersama-sama bersinergi, antara pemerintah daerah dan pemerintah pusat,” pungkas Olua.