Ini Rekomendasi Banggar dan Komisi-Komisi Dewan Terhadap Raperda APBD Kota Jayapura TA.2024

Lina Marlina, ST saat menyampaikan laporan Banggar Dewan

Jayapura, Teraspapua.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Jayapura kembali menggelar rapat paripurna dengan agenda penyampaian laporan Badan Anggaran (Banggar) dan Komisi – Komisi Dewan terhadap Raperda APBD kota Jayapura Jayapura tahun anggaran 2024.

Rapat berlangsung di ruang paripurna setempat yang dipimpin langsung oleh ketua DPRD kota Jayapura Abisai Rollo SH, MH didampingi wakil ketua I, Joni Y. Betaubun, SH, MH dan wakil ketua II, Silas Youwe.

Badan Anggaran (Banggar) DPRD kota Jayapura memberikan sejumlah rekomendasi atas Racangan Perda (Raperda) Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) kota Jayapura tahun anggaran 2024.

“Kepada semua OPD kolektor di jajaran pemerintah kota Jayapura bekerja lebih optimal dalam menggali sumber-sumber Pendapatan asli daerah untuk lebih meningkatkan pendapatan asli daerah kota Jayapura,” kata Lina Marlina, ST saat menyampaikan laporan Banggar.

Badan anggaran DPRD kota Jayapura juga merekomendasikan kepada pemerintah Kota Jayapura supaya piutang daerah kepada pihak ketiga yang belum dibayarkan agar segera ditagih untuk menambah Pendapatan asli daerah kota Jayapura pada tahun anggaran 2024

Banggar juga mengharapkan kepada tim anggaran pemerintah daerah Kota Jayapura agar perlu menyampaikan laporan pronosis atau penerapan anggaran baik semester I maupun semester II kepada DPRD kota Jayapura, dalam rangka mengetahui penyerapan anggaran dalam penyelenggaraan pemerintahan pelaksanaan pembangunan dan pelayanan kemasyarakatan kota Jayapura setiap tahun anggaran.

Lina Marlina juga menguraikan rancangan anggaran belanja tahun 2004 sebesar Rp.1.698. 820. 354. 116, 00. Yang terdiri dari belanja operasi sebesar Rp1.457. 657. 275. 447. Belanja modal sebesar Rp117. 363. 546. 435. Belanja Fighter juga sebesar Rp10. 000.000.000 dan belanja transfer sebesar Rp.113. 799.531.235.

“Dengan demikian rancangan anggaran pendapatan dan belanja daerah pemerintah Kota Jayapura Tahun Anggaran 2024 pada pendapatan mengalami kenaikan, sedangkan pada belanja mengalami penurunan jika dibandingkan dengan tahun anggaran 2023,” terang politis PKS itu.

Sementara Yoan Wambitman, ST saat menyampaikan laporan pendapat gabungan Komisi- Komisi Dewan (Komisi A, B, C dan D DPRD) Kota Jayapura juga memberihkan sejumlah rekomendasi.

“Dengan melihat postur rancangan anggaran pendapatan pemerintah kota Jayapura tahun anggaran 2024 yang mengalami kenaikan, jika dibandingkan dengan anggaran pendapatan tahun 2023, maka direkomendasikan untuk melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan pendapatan asli daerah khususnya pendapatan pajak daerah dan lain-lain PAD yang sah,” papar Yoan.

Selain itu pendapatan retribusi daerah khususnya jasa parkir perlu ditingkatkan melalui kerjasama dengan pihak ketiga dan juga melakukan pengawasan pada petugas parkir di lapangan,” imbuhnya.

Gabungan komisi juga merekomendasikan kepada pemerintah kota Jayapura melalui dinas terkait, perlu menggali potensi-potensi yang ada di kota Jayapura untuk meningkatkan pendapatan asli daerah.

“Pengelolaan pasar perlu ditangani secara baik, dalam memberikan kontribusi kepada PAD kota Jayapura,” ujarnya.

Kemudian lanjut Yoan, OPD-OPD di pemerintah Kota Jayapura supaya alokasi dan penggunaan dana harus terukur dan ada keberpihakan kepada masyarakat.

“Sedangkan untuk belanja program dan kegiatan pemerintah kota Jayapura bersumber dari pendapatan pemerintah kota Jayapura, maka pelaksanaan realisasi belanja terhadap program dan kegiatan supaya disesuaikan dengan Realisasi Pendapatan atau kemampuan pendapatan pemerintah kota Jayapura,” tutup politisi Golkar Kota itu.

(Har)