Dubes Selandia Baru Temui Kapolda Papua Bahas Penyelamatan Pilot Susi Air

Kapolda Papua Irjen Pol Mathis D Fakhiri.

Jayapura,Teraspapua.com – Genap satu tahun ditahanya pilot Philip Mark Merhtens, oleh KKB pimpinan Egianus Kogoya, Dubes Selandia Baru, Kevin Jeffry Burnet, temui Kapolda Papua.

Pertemuan Dubes Selandia Baru dengan Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D Fakhiri, membahas terkait upaya yang akan dilakukan kedua negara untuk mempercepat pembebasan pilot, Rabu (7/2/2024).

banner 325x300banner 325x300

Irjen Mathius menjelaskan, tadi kami bertemu dengan Duta Besar dari Selandia Baru terkait dengan sudah satu tahunnya pilot Philip Mark Merhtens, yang dibawa oleh kelompok Egianus Kogoya, yang belum kembali sampai saat ini.

Dalam pertemuan tadi, lanjut kata Kapolda, kami memberi penjelasan tentang langkah-langkah yang sudah dilakukan oleh pemerintah, aparat TNI-Polri di Tanah Papua, yang bertugas untuk menyelamatkan pilot tersebut.

“Berbagai langkah telah kita lakukan sudah maksimal. Namun, kita tetap berupaya bagaimana bisa mendapatkan pilot itu kembali dalam keadaan selamat,” terangnya.

Bahwa ini kan kerja keras yang dilakukan aparat TNI-Polri yang dibantu semua unsur baik itu tokoh masyarakat, tokoh gereja. Ini kita akan terus lakukan. Sehingga kami membutuhkan kesabaran dari semua pihak.

Kapolda Papua bersama Dubes Selandian Baru, melakukan foto bersama di Mapolda Papua.

“Mudah-mudahan dalam waktu yang berkembang ini bisa kita dapatkan hasil yang baik,” harapnya.

Ditambahkan Kapolda, tentunya yang sangat penting bagi kami, bahwa Pemerintah Selandia Baru masih mengaku kedaulatan Negera Kesatuan Republik Indonesia. Sehingga tentunya juga tidak memberikan dukungan selama ini.

“Oleh karena itu, tentunya aparat keamanan kita akan bekerja secara maksimal, soft, sehingga langkah dan tindakan aparat TNI-Polri itu tidak berdampak terhadap pilot itu sendiri. Termasuk masyarakat yang ada di daerah Nduga, Maparu, dan seterusnya,” tandasnya.