Tiga Tahun Terakhir Freeport Berikan Kontribusi Rp125 Triliun Untuk Indonesia

Presiden Direktur PTFI Tony Wenas pada kegiatan puncak acara HUT ke-57 PTFI bersama karyawan di Sporthall Tembagapura, 7 April 2024

Mimika, Teraspapua.com – Perusahan emas PT Freeport Indonesia (PTFI) dalam tiga tahun terakhir telah memberikan kontribusi sebesar Rp125 triliun untuk Indonesia.

Hal ini diungkapkan Presiden Direktur PTFI Tony Wenas, pada puncak peringatakan Hari Ulang Tahun ke-57 yang digelar di Sporthall Tembagapura, Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah, Minggu (7/4/2024).

“Pada tahun 2022, kontribusi PTFI kepada pemerintah daerah sebesar Rp8,7 triliun, dan pada tahun 2023 kontribusi PTFI meningkat hingga lebih dari Rp9 triliun, serta diperkirakan akan semakin meningkat di masa depan,” ujar Tony Wenas.

Dikatakan, pada HUT ke-57 PTFI tahun ini mengambil tema ‘Berkarya untuk Indonesia. Apabila dirangkai menjadi dari Rumah Kita, Kita adalah Satu, dan Kita akan terus Berkarya untuk Indonesia.

Selama lebih dari lima dekade beroperasi di Indonesia, PTFI telah melewati enam masa kepemimpinan Presiden. Banyak hal yang dihadapi, namun kultur yang telah terbentuk semenjak awal operasi hingga saat ini terus berkelanjutan menjadi kekuatan perusahaan.

Bahkan sejak beroperasi tahun 1967 di Indonesia, PTFI telah memberikan kontribusi kepada Negara dalam ebrbagai bentuk, mulai dari pajak royalty hingga dana bantuan social, baik untuk pemerintah pusat, tapi juga kontiribusi besar kepada pemerintah daerah,” pungkasnya.

(har/ricko)