Peserta Didik Baru SMPN1 Kota Jayapura Ikuti MPLS

Jayapura, Teraspapua.com – SMP Negeri 1 Jayapura telah mengakhiri penerimaan peserta didik baru tahun ajaran 2024/2025.

Penerimaan peserta didik baru di SMP paling top di ibu kota Provinsi Papua ini, sekolah melalui panitia tentu memperhatikan jalur zonasi.

banner 325x300banner 325x300

Selanjutnya mengikuti kegiatan Masa Pengenalan Sekolah (MPLS) pada hari pertama masuk sekolah, dengan tujuan untuk mengenalkan lingkungan sekolah, baik siswa dengan guru, karyawan, maupun orang tua siswa SMPN 1 kota Jayapura.

Kepala SMP Negeri 1 Kota Jayapura, Purnama Sinaga, S, Pd. M. MPd ketika dijumpai media ini di sela-sela MPLS mengemukakan, untuk penerimaan peserta didik baru SMPN 1 dimulai dari tanggal 20 dan berakhir pada 28 Juni 2024.

“Pada tanggal 1 Juli lalu sudah diumumkan jumlah peserta didik baru yang diterima di SMP Negeri 1 sebanyak 369 orang,” kata Purnama Sinaga.

Dilanjutkan, setiap jalur zonasi sudah dipenuhi. Untuk afirmasi sebanyak 61 orang, mutasi 16, dan prestasi sebanyak 58 peserta didik baru.

“Sedangkan untuk putra daerah 97 orang, Port Numbay 35 dan non putra daerah sebanyak 102 orang,” imbuhnya.

Purnama Sinaga pun mengatakan, kalau untuk zonasi yang dalam zonasi, tetapi untuk afirmasi dan prestasi itu bisa di luar kota.

“Jadi, kalau afirmasi berarti dalam kategori dia Port Numbay atau dari keluarga tidak mampu, putra daerah yang bukan anak Port Numbay, dia juga bisa masuk di afirmasi,” jelasnya.

Sedangkan kalau untuk prestasi itu baik akademik maupun non akademik. Tetapi dia pernah menjuarai minimal tingkat sekolahnya, lalu untuk olahraga dan seni itu tingkat kota, provinsi dan tingkat nasional.

Purnama Sinaga mengatakan, para peserta didik telah melakukan pendaftaran ulang pada tanggal 2 sampai 5 Juli 2024.

Dikatakan peserta didik baru, sejak Senin 8 Juli 2024 sudah melakukan pra-PLS dan mulai hari ini sampai dengan hari Kamis akan dilaksanakan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS).

“Untuk MPLS tersebut peserta didik akan dibekali dengan materi-materi yang diberikan terkait dengan kurikulum, operasional lalu tata tertib dan kegiatan-kegiatan ekstrakurikuler di sekolah, ujarnya.

Selain itu kata ketua MKKS SMP Kota Jayapura itu ada juga materi yang memang sudah disiapkan silabusnya dari Kementerian.

Itu akan kami laksanakan pada hari kedua, dan hari ketiga kami memberikan muatan-muatan lokal sekolah yang berkaitan dengan program-program dampingan.

“Seperti Adiwiyata, sekolah sehat dan program lainnya. Dikatakan, kegiatan MPLS akan diakhiri pada Kamis tanggal 11 Juli 2024,” imbuhnya.

Untuk pemateri tambah Kepsek Purnama, yaitu bapak ibu guru yang ada di sekolah yang berwenang. Seperti kesiswaan, pimpinan OSIS kemudian para guru lain yang kompeten di materi itu.

Dikatakan, selama menjalani MPLS ini, Kepsek berharap kepada para orang tua agar anak-anak ini dipersiapkan lebih awal, hadir di sekolah juga lebih awal sehingga tepat jam 07.00 kita bisa memulai kegiatan MPLS.

Tentu kata Kepsek, yang dimulai dengan aktivitas apel pagi untuk pemeriksaan kelengkapan dan melanjutkannya dengan kegiatan-kegiatan yang sesuai dengan jadwal.

“Jadi, kami mohon kerjasama dari orang tua untuk menyiapkan anak, baik perlengkapnya ataupun kesehatan dirinya, terutama perhatikan sarapan anak, air minum di tumblend, sehingga dia betul-betul siap secara fisik, jasmani maupun rohaninya,” papar Kepsek.

Purnama pun menambahkan, peserta didik baru berasal dari berbagai sekolah yang tentunya kurikulum di sekolah asal ada yang kurikulum 2013 dan ada yang kurikulum Merdeka. Maka pada dua minggu pertama kami akan melakukan matrikulasi.

” Jadi mereka kami siapkan dulu dengan materi-materi dari kurikulum Merdeka yang dari jenjang SD atau fase “C” sehingga pada masuk di SMP itu fase “D” dia berkesinambungan,” jelasnya.

(Har)