banner 728x250

Benhur Tomi Mano Pastikan Progres Pekerjaan Sejumlah Venue PON di Kota Jayapura

  • Bagikan
Ketua Sub PB PON XX Kota Jayapura, Benhur Tomi Mano dan Ketua Bidang I PB PON Yusuf Yambe Yabdi dan rombongan saat meninjau venue dayung di kampong Enggros

Jayapura, Teraspapua.com – Ketua Sub PB PON XX Kota Jayapura, Benhur Tomi Mano dan Ketua Bidang I PB PON  Yusuf Yambe Yabdi meninjau venue yang ada di cluster Kota Jayapura untuk memastikan progress penyelesaiannya, Sabtu ( 5/6/2021).

Wali Kota  di dampingi Ketua Bidang I Sub PB PON, Rocky Bebena dan sejumlah pengurus baik kota maupun Provinsi. Seperti venue goor voli pasir dan indoor, sepatu roda dan dayung.

banner 325x300

Benhur Tomi Mano melontarkan, venue dayung ini diminta langsung oleh ketua umum cabang olahraga ( Cabor ) dayung Indonesia, Basuki Hadimuljono yang juga Mentri PUPR.

Awalnya di Sentani Kabupaten Jayapura, tapi dipindahkan di Kota Jayapura tepat di Kampung Enggros Distrik Abepura.

“Keinginan ketua umum untuk memindahkan ini,  sekaligus mempromosikan landmark Kota Jayapura yaitu jemban Youtefa kepada semua kontingen yang akan datang untuk bertanding pada iven PON XX nanti,” jelas Wali Kota.

Menurutnya, venue dayung ini juga akan menjadi salah satu tempat wisata bagi warga Kota untuk mengisi waktu libur.

Dikatakannya, pengecekan terakhir dan sesuai presentasi dari Technical Delegate (TD) sudah siap digunakan untuk lomba. Tidak ada masalah juga dengan pemilik hak ulayat.

Sebaliknya,  jika ada masalah maka sebagai anak asli Tomi Mano akan berbicara langsung dengan mereka agar tidak mengganggu pekerjaan di tempat ini,” janjinya.

Pasalnya, tempat ini juga nantinya akan menjadi tempat untuk menggarap pendapatan bagi masyarakat asli setempat.

Diungkapkan Tomi Mano,  laporan dari Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), venue ini akan rampung bulan Juli mendatang,” tandasnya.

Ditempat yang sama wakil ketua Bidang I , Yusub Yambe Yabdi menambahkan, PB PON XX pada prinsipnya mendukung Sub PB PON.

“Baik untuk venue Volly indoor maupun outdoor, sepatu roda dan dayung. Ini segera selesai agar Sub PB PON XX bisa bersinergi dengan TD, untuk menyiapkan semua perlengkapan yang menjadi bagian dalam suksesnya pertandingan,” ujar Yusub Yambe Yabdi.

Sementara, ketua bidang I Sub PB PON XX, Rocky Bebena yang juga Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Jayapura menjelaskan,  hari ini kita fokus ke gor voli pasir dan indoor yang progresnya sebenarnya sudah 100%.

Hanya tinggal pembenahan beberapa tempat. Seperti volly pasir butuh pengamanan tiang, kanopi termasuk tangga untuk parkir.

” Untuk voli indoor hanya tinggal karpet. Yang lainnya tidak masalah kemudian jalan masuk ke  gor yang perlu dibenahi,” terang Rocky.

Sementara kata Rocky, untuk sepatu roda sudah rampung 98 persen tinggal finishing. Tadi saat kunjungan sementara dilakukan pengecetan lintasan. Mungkin bulan ini sudah selesai 100 persen,” sambung Rocky.

Lanjut Rocky, kalau untuk venue dayung sudah rampung 46%. Tadi sudah ada penjelasan dari TD untuk tempat star dan finis, tapi peralatan sudah siap.

” Ada rekomendasi, catatan untuk 9 disiplin yang harus dilengkapi,” ucapnya

Untuk cabor  karate, taekwondo, bulutangkis termasuk tenis lapangan sisanya 12 venue. Jadi TD yang akan datang lagi yaitu 10, baik itu tinju, renang perairan terbuka, selam laut, layar, angkat berat, angkat besi, sepak takraw, taekwondo, Sofbol dan baseball,” pungkasnya.

(Let)

  • Bagikan