Kunjungan Kerja Awal Tahun, Komisis C DPRD Kota Jayapura Pastikan CSR Bank Mandiri, Telkom dan Telkomsel

Jayapura, Teraspapua.com – Komisi C DPRD Kota Jayapura melakukan kunjungan kerja awal tahun 2022, ke Bank Mandiri, PT. Telkom dan Telkomsel guna memastikan program CSR. Kamis (27/1).

Ketua Komisi C DPRD Kota Jayapura, Ismail Bepa Ladopurap mengatakan, dalam kunjungan kerja dan mendengarkan pemaparan GM PT. Telkom maupun Telkomsel sudah memberikan gambaran program CSR dari tahun ke tahun.

Untuk tahun 2022 walaupun belum mendapatkan arahan dari pusat tapi ada program-program yang rutin dilakukan setiap tahun.

“Jadi, terfokus kepada bidang pendidikan, kami coba untuk meminta agar PT. Telkom maupun Telkomsel melihat beberapa hal dalam dunia pendidikan,” kata Ismail dalam keterangan Pers, Kamis ( 27/1) usai melakukan Kungker di PT. Telkom dan Telkomsel.

Sehingga, kami minta agar program CSR itu diarahkan ke sekolah – sekolah dan perguruan tinggi yang berada di bawah Yayasan.

“Sedangkan untuk lingkungan hidup, politisi Partai Solidaritas Indonesia ini minta agar mereka ikut terlibat dalam penghijauan di seluruh wilayah kota Jayapura,” ujar Ismail.

 

Sementara itu, Ismail mengungkapkan, Telkom mampun Telkomsel dalam merekrut karyawan dimana beberapa Kandantel di 4 Kota dan Kabupaten semuanya adalah orang asli Papua.

Selain menyambangi kantor PT. Telkom dan Telkomsel, Komisi yang membidangi ekonomi dan keuangan ini juga melakukan kunjungan kerja dengan bank mandiri Regonal XII.

“Jadi, program CSR mereka sudah baik menurut kami seraya meminta tetap dipertahankan yang sudah ada sambil menunggu kebijakan dari kantor pusat untuk program sosial ini di tahun 2022,” jelasnya.

Sehingga dunia perbankan yang ada di bawah naungan BUMN yang telah dibagi cluster dalam program CSR tidak tumpang tindi.

Karena program ini, selain dari Bank Mandiri ada juga dari bank – bank lain yang berada di bawah BUMN.

“Tapi, kami dari komisi C tetap meminta, karena yang mereka belum masuk yaitu, lingkungan hidup. Seraya meminta untuk ikut terlibat dalam melakukan penghijauan di seluruh wilayah kota.

Karena ditakutkan, semakin hari terjadi penebangan pohon secara liar maka akan mengurangi debit air, kiranya ini juga menjadi program rutin Bank Mandiri Regional XII yang membawahi Papua dan Papua Barat.

 

Ketua Komisi C DPRD Kota Jayapura ini juga mengakui, bahwa kunjungan kerja untuk melihat perkembangan CSR, baik BUMN mapun BUMD ini merupakan agenda awal tahun 2022. BUMN maupun BUMD.

Regional Operations Head Bank Mandiri, Edi Surachman mengatakan, untuk prioritas ke sekolah-sekolah Yayasan dan Perguruan Tinggi swasta ini juga merupakan bagian dari misi bank Mandiri. Spirit memakmurkan negeri ini. Bahkan sudah ada program khusus untuk pengembangan putra-putri Papua.

“Dan ini sudah dilakukan sejak tahun 2000 hingga saat ini, meskipun regional belum terbentuk di wilayah Papua dan Papua Barat karena masih menginduk ke Makassar.

 

Dan di Papua Papua Barat baru terbentuk di tahun 2010 namun program pengembangan putra-putri orang asli Papua sudah dimulai sejak tahun 2000.

GM Telkom Sugeng Widodo mengatakan, tahun 2021 Telkom memberikan bantuan dana pembinaan kepada sekolah batik di Cigombong Distrik Abepura sebesar 100 juta.

“Mudah – mudahan tahun ini ada kegiatan lagi, kami berharap arahnya lebih kepada pembinaan tahun ini mungkin kami bekerjasama dengan beberapa pihak karena Papua ini mencintai sepakbola.

GM Telkom juga mengakui, pihaknya membantu bukan saja sekolah negeri tapi sekolah swasta yang lebih banyak.

(tp-1)