Dir Lantas Polda Papua Launching Sirkuit Uji Praktek SIM Roda Dua

Jayapura, Teraspapua.com– Dirlantas Polda Papua secara remsi melaunching Sirkuit Uji Praktek SIM Roda Dua Baru Satpas Polresta Jayapura Kota di lapangan PTC Entrop, Senin (07/08/2023) siang.

Didampingi Wakapolresta Jayapura Kota Deni Herdiana, S.E., S.H., M.M., M.H dan Kasat Lantas Kompol Dian Novita Pietersz, S.I.K, Dir Lantas Polda Papua Kombes Pol Abrianto Pardede, S.H., S.I.K., M.H melaunching Sirkuit Uji Praktek SIM Roda Dua Baru Satpas Polresta Jayapura Kota tersebut.

“Sirkuit yang baru saja dilaunching ini merupakan instruksi langsung dari Kakorlantas untuk seluruh Jajaran Polda,” kata Dir Lantas Polda Papua Kombes Pol Abrianto Pardede.

Untuk itu dia berperan agar dalam test drive menggunakan kendaraan roda dua dan memberikan tips sebelum mengikuti ujian.

“Track terbaru yang diberikan sangatlah mudah namun tidak mengurangi keterampilan dari pemohon SIM, dan track tersebut juga sudah memenuhi standar kelayakan dan menambah pengalaman berkendara apabila pemohon berhasil dinyatakan lulus dalam Ujian Praktek SIM Roda Dua,” ujarnya.

Beberapa SOP saat sebelum berkendara juga diterangkan dan diterapkan pada saat pemohon akan melaksanakan ujian,” tambahnya.

“Misalnya, mengecek kendaraan sebelum digunakan, membawa surat kendaraan, memakai helm SNI, memakai celana panjang dan sepatu serta sarung tangan apabila diperlukan,” ucapnya.

Sementara Kasat Lantas Kompol Dian Novita Pietersz menambahkan, Sirkuit yang dilaunching merupakan pembenahan dibidang pengujian praktek SIM khususnya kendaraan roda dua.

“Dimana sebelumnya, track tersebut membentuk angka delapan sekarang yang terkesan sulit bagi para pemohon, kini dipermudah menjadi bentuk S dan rute zig-zag juga telah dihilangkan,” ungkap Kasat.

Hal ini tentunya merupakan perhatian dari Korlantas Polri kepada para pemohon untuk lebih mudah mendapatkan SIM tanpa mengurangi pengalaman dan keterampilan saat mengikuti ujian praktek.

(red*)