Perayaan Hasil Belajar P5 Suara Demokrasi, SMPN1 Jayapura Memilih Ketua dan Wakil Ketua OSIS

Melalui Pembelajaran Ini Anak-Anak Memahami Tentang Proses, Nilai - Nilai Demokrasi

Asisten I Bidang Pemerintahan Setda Kota Jayapura, Evert Nicholas Merauje saat membuka kegitan ditandai dengan penabuhan tifa

Jayapura, Teraspapua.com – Awal tahun 2024, SMP Negeri 1 Jayapura, mengimplementasikan program Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan tema suara demokrasi yaitu dengan melakukan pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS periode 2024-2025 yang digelar selayaknya pemilihan umum di lapangan upacara setempat, Jumat (19/1/2024).

Keseruan momen ini sangatlah nyata diindikasikan dengan antusiasme para siswa untuk memberikan hak suara untuk menentukan siapa Ketua dan Wakil OSIS mereka kedepan.

banner 325x300

Kepala SMP Negeri 1 Jayapura Purnama Sinaga mengatakan, hari ini SMP Negeri 1 Jayapura melaksanakan perayaan hasil belajar untuk Project Penguatan profil Pelajar Pancasila (P5) dengan tema suara demokrasi.

“Ada dua kegiatan yang dilaksanakan yaitu, pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS dan refleksi peserta didik maupun bapak ibu guru terkait dengan kegiatan ini,” kata Purnama usai memantau proses pemungutan suara.

Lanjut Purnama berharap, melalui pembelajaran ini anak-anak memahami tentang proses, nilai nilai demokrasi atau bagaimana kita melaksanakan pemilihan umum.

Menurut Purnama, banyak hal yang mereka pelajari, dan proses pembelajaran, bukan di hari ini saja, tapi mereka sudah awali dari bulan Oktober tahun 2023 melalui pendalaman materi-materi yang terkait dengan Pemilu, kemudian langkah-langkah yang harus dilakukan.

Anak-anak sendiri mulai menyusun panitia, menyiapkan alat-alat peraga dalam fasilitas yang digunakan untuk pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS.

“Mereka mulai memilih calon ketua OSIS dari 4 kandidat yang maju, para kandidat juga memaparkan program kerja lewat visi misi serta tahapan lain seperti, kampanye hingga debat calon ketua OSIS,” ujarnya.

Kami bersyukur karena melalui proses ini mereka menjadi pemimpin-pemimpin di sekolah ini. Seraya berharap dengan kegiatan ini mereka akan menjadi pemimpin di masa depan.

Purnama menyebutkan, menjadi pemimpin di masa depan baik itu di lingkungan kerjanya atau lingkungan masyarakat tentu praktek baik dari tema suara demokrasi ini banyak yang mereka peroleh. Baik secara langsung maupun tidak langsung.

“Kami yakin ketua dan wakil ketua OSIS yang terpilih mereka adalah orang-orang yang hebat yang patut menjadi pemimpin di sekolah,” ucap Purnama.

Tentu dengan harapan program OSIS ke depan untuk satu tahun kedepan akan semakin lebih baik, dapat memfasilitasi bakat minat dan prestasi-prestasi, baik akademi maupun non akademik di Sekolah.

“Mereka juga bisa menjadi mitra bagi kami bapak Ibu guru dalam mengimplementasikan program sekolah dan juga tata tertib,” jelasnya.

Purnama Sinaga juga merincikan untuk peserta yang ikut dalam pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS sebanyak 1. 154 orang yang terdiri dari siswa kelas VII, VIII dan IX yang terlibat dan yang punya hak untuk memilih calon pemimpin mereka ke depan.

Sementara Pejabat Wali Kota Jayapura, Frans Pekey dalam sambutan yang diwakili oleh Asisten I Bidang Pemerintahan Setda Kota Jayapura, Evert Nicholas Merauje mengaku bangga melihat siswa-siswi SMPN 1 yang berperan aktif dalam acara pesta demokrasi yaitu pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS secara terbuka yang merupakan aplikasi program P5.

“Saya melihat bahwa proses ini adalah hal yang baik, mengajak anak-anak bagaimana mengenal demokrasi Pancasila dan menjadi pemimpin,” akuinya.

Evert mengatakan, pesta demokrasi di SMP Negeri 1 Jayapura, yaitu bagaimana memilih wakil-wakil kita. Hari ini kita berada pada pemilihan ketua OSIS.

Tapi yang terpenting pada proses ini kata Evert, yaitu bagaimana kita belajar menjadi seorang pemimpin di tingkat sekolah khususnya SMP Negeri 1 Jayapura.

“Saya percaya 4 bakal calon ini yang terbaik di sekolah ini. Pilihlah mereka yang mempunyai loyalitas, kontribusi pikiran yang mendukung program sekolah,” ujarnya.

Kalau kita mau menjadi pemimpin lanjut Evert, tentu harus memulai dari hal-hal yang kecil, diri sendiri.

Pesan Evert, hari ini ada pesta demokrasi pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS kita harus pilih yang bisa mengatur yang punya loyalitas untuk sekolah yang punya visi misi yang baik,” ucapnya.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kota Jayapura, Abdul Majid yang di wakili Kepala Bidang pembinaan SMP, Jopi Hanuebi menegaskan hari ini kita melihat bagaimana implementasi suara demokrasi dalam program Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5).

“Kita sebagai generasi muda yang ada di SMP Negeri 1 Jayapura walaupun belum mempunyai hak suara untuk pemilu, tapi kita bisa melihat demokrasi yang berlangsung di Republik ini untuk tahun 2024,” ujar Jopi.

Tentu kata Jopi, proses hampir sama dengan apa yang dilakukan oleh SMP Negeri 1 hari ini yaitu pemilihan ketua OSIS dan wakil ketua OSIS.

Hari ini kita akan melihat siapa yang menyampaikan visi dan misi yang baik pasti akan dipilih oleh banyak orang,” imbuhnya.

Jopi pun menambahkan, SMP Negeri 1 Jayapura adalah sekolah unggul dan sangat baik di kota Jayapura, bahkan siswa-siswi yang lulus dari sekolah ini adalah siswa-siswi yang unggul bahkan guru-gurunya di kota Jayapura adalah guru-guru yang hebat,” tandasnya.

Masih di tempat yang sama diwakili Ketua Komite SMP Negeri 1 Jayapura, Nicolas Youwe menyebutkan hari ini anak-anak SMP 1 melaksanakan sebuah proses yang sama nilainya dengan yang akan kita lakukan pada tanggal 14 Februari yaitu pemilihan umum serentak.

“Saya harapkan kegiatan ini adalah sebuah contoh proses demokrasi yang berlangsung di negara kita,” kata Youwe.

Belajar dari pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS, kita harapkan nanti lahir generasi-generasi penerus yang berkulatias.

“Saya harapkan dalam proses pencoblosan, para siswa dapat memilih ketua dan wakil ketua OSIS yang dapat menjalankan program untuk pengembangan OSIS di SMP Negeri 1 Jayapura,” pungkas Youwe.

(Har/Ricko).