Metode Penyelesaian Konflik Papua Harus Dipirkan Lagi

Wakil Ketua Komisi I DPR Papua Tan Wie Long

Jayapura,Teraspapua.com – Wakil Ketua Komisi I DPR Papua, Tan Wie Long meminta masalah yang terjadi di daerah itu mesti diselesaikan bersama.

Mengingat, jika melihat kronologis dari setiap peristiwa yang terjadi sangat menyedihkan, karena kalau bicara hak kewenangan negara, Polisi dan TNI secara hukum sudah berupaya melindungi setiap warga.

banner 325x300banner 325x300

“Tetapi kemudian yang terjadi, ada warga yang ditikam di Wamena, toh kebobolan. Mungkin harus dipikirkan lagi, metode penanganan penyelesaian konflik bersama yang melibatkan semua tokoh. Dan kita harus terbuka saja,” ujarnya. Rabu (16/10/2019).

Legislator Papua  yang akrab disapa Along,juga mengatakan seakan terjadi saling curiga dan masyarakat merasa was-was. Apakah hal ini akan terus dibiarkan??.

“Untuk itu, solusi konkrit adalah mesti ada keterbukaan dari semua pihak. Kedua, mesti ada niat menyelesaikan semua persoalan ini secara menyeluruh. Yang paling penting akar masalah sebenarnya yang harus diselesaikan. Ini yang sangat kita harapkan,” ungkapnya.

Along menambahkan, selain itu keterlibatan Pemda juga sangat penting, adat dan agama juga demikian, karena unsur-unsur itulah ciri dari tanah Papua.

“Kita minta sesegera mungkin penyelesaian ini harus dilakukan, agar tak ada lagi peristiwa yang merugikan semua pihak,baik itu  masyarakat asli Papua, Nusantara, maupun aparat keamanan,” pungkasnya”.

(Matu)