Resmikan Gedung Baru, Gubernur PB Teken MoU Dengan Dekranasda

Gubernur Papua Barat, Drs Dominggus Mandacan ,saat meresmikan kantor Dekranasda Papua Barat yang ditandai dengan penandatanganan Prasasti

Manokwari,Teraspapua.com – Gubernur Papua Barat, Drs Domimggus Mandacan meresmikan gedung sekretariat dan melounching galeri serta membuka rapat kerja (Raker) Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Papua Barat di  Jl Drs Esau Sesa, Kabupaten Manokwari, Kamis (28/11/2019)

Dalam agenda tersebut, Gubernur, Drs Dominggus Mandacan menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan Dekranadas Provinsi Papua Barat.

banner 325x300banner 325x300

Hal ini sebagai bentuk dukungan pemerintah provinsi Papua Barat dalam program kerja dewan kerajinan di Provinsi ini lebih maju dan mandiri, dibawah kepemimpinan Ketua, Ny Juliana Mandacan.

Dalam sambutannya Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan memberikan apresiasi kepada Dekranasda yang sudah mendukung program kerja pemerintah daerah.

Wujud dan tekad Pemerintah Papua Barat untuk berbenah diri untuk mendukung organisasi dewan kerajinan nasional di daerah kepada para pengrajin dan penikmat seni budaya.

“Hal ini juga sesuai visi-misi Pemerintah Daerah yang sudah terprogram dalam meningkatkan kesejahteraan para pengrajin terutama orang asli papua” kata Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan usai meresmikan kantor dan Dekrnasda.

Sedangkan Ketua Dekranasda Papua Barat, Ny Juliana Mandacan mengatakan, banyak potensi kerajinan lokal yang ada di daerah, dengan peresmian sekretariat dan lounching galeri maka dapat menampung hasil pengrajin OAP.

“Kami menyampaikan terima kasih kepada pemerintah daerah yang telah mendukung para pengrajin OAP dengan membangun kantor dan galeri Dekranasda Papua Barat” kata Juliana Mandacan saat menyampaikan sambutan.

Juliana Mandacan juga mengatakan, sangat banyak hasil kerajinan para pengrajinan di Papua Barat seperti rajut noken, seni pahat ,yang tentu akan mensejahterakan mereka.

Selain Gubernur, Dekranasda Papua Barat juga menandatandatangi MoU dengan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk dan Perwakilan Bank Indonesia (BI) Papua Barat. Sebagai bentuk dukungan, pihak BNI menyerahkan bantuan kredit kepada tiga pengrajin OAP.

Pada kesempatan itu Gubernur Papua Barat, menyerahkan bantuan mesin tempel dan lampu jualan secara simbolis kepada kepada pengusaha asli papua.

Hadir dalam acara peresmian dan lounching galeri Dekranasda Provinsi Papua Barat, Istri Mentri Sosial RI, yang juga pengurus Dekranas pusat, Gres Claudia Batubara bersama rombongan.

Juga dihadiri Ketua bhayangkara daerah Papua Barat, Ketua Persit Candra Kartika Kodam XVIII/ Kasuari dan ketua gerakan organisasi wanita se-Papua Barat.

( nong/let )