Astra Grup Papua Gelar Aksi Donor Darah

Ketua PMI Rustan Saru Sampaikan Apresiasi

Ketua PMI Kota Jayapura, Dr. Ir. H. Rusran Saru, MM didampingi Sekertaris Wilayah Astra Papua, Catur Padutama meninjau aksi donor darah (foto Harley/Sabtu, 16 Juli 2022)

Jayapura, Teraspapua.com – Dalam rangka menyemarakkan Hari Ulang Tahun (HUT) Astra ke 65, Astra Grup Papua bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Jayapura menggelar aksi donor darah yang berlangsung di Kantor PT. United Tractors Tbk. Polimag, Sabtu (16/7/2022).

Aksi donor darah ini turut dihadiri ketua PMI kota Jayapura, Dr. Ir. H. Rusran Saru, MM, mantan Wali Kota Jayapura.

banner 325x300banner 325x300

Ketua PMI Kota Jayapura, Dr. Ir. H. Rusran Saru, MM dalam keterangan Pers, menyampaikan apesiasi dan terima kasih kepada Grup Astra Papua melakukan aksi donor darah.

Aksi ini untuk mencapai target 500 kantong darah satu tahun. Kita berharap apa yang menjadi target ini teman-teman dari Grup Astra bisa tercapai, bahkan lebih dari target.

“Kami sangat bersyukur, karena PMI Kota Jayapura melalui Unit Donor Darah (UDD) sangat butuh partisipasi seperti ini, kaitkan dengan kebutuhan darah di Kota Jayapura maupun beberapa kabupaten di Papua,” ujar Rustan Saru.

Rustan Saru mengungkapkan, selama ini PMI juga berkontribusi menyumbang darah ke Kabupaten Jayapura, Keerom maupun daerah lain yang membutuhkan.

Sementara target kita yang suka rela atau yang donor baru ini tidak pernah terpenuhi sesuai dengan target di kota Jayapura, bahwa setiap bulan kita butuh antara 1. 500 sampai 1.600 kantong darah.

Sementara yang didapatkan rata-rata 600 kantong secara sukarela. Kata Rustam, adapun kekurangan kita dapatkan melalui donor pengganti.

“Nah, lewat keluarga yang membutuhkan darah, atau kadang-kadang donor bayaran. Dalam arti kalau sudah tidak ada lagi donor pengganti mereka mencari orang yang bisa mendonorkan darahnya, tentu diberikan imbalan,” tutur mantan Wakil Walikota Jayapura itu.

Kita berharap, dengan langkah dari gerakan manusia oleh oleh Grup Astra Papua ini sangat membantu meringankan beban yang dibutuhkan oleh masyarakat,

Rustan Saru menegaskan, kerja sama ini terus dibangun jangan berhenti, karena ini untuk kebaikan kita bersama ke depan,” imbuhnya.

Rustan Saru juga menambahkan, ada aturan-aturan di PMI bahwa untuk masyarakat yang sudah 10, 20 kali mendonorkan darahnya, diberikan pengharagaan.

Penghargaan ini ujar Rustan, tentu sebagai motivasi dan kenang-kenangan untuk menyelamatkan nyawa manusia.

Pasalnya, penduduk Kota Jayapura hampir 362.000 jiwa, tapi yang mendonorkan darahnya terbatas sementara kalau kita butuh darah ini sangat susah. Namun ini perlu memberikan rangsangan, pemahaman dan penyuluhan kepada masyarakat,” tukasnya.

Sementara ditempat yang sama, Ketua Koordinator Wilayah (Korwil) Grup Astra Papua, Lesly Allen Siahaya melalui Sekertaris Wilayah Astra Papua, Catur Padutama mengemukakan, Astra Grup ada program, dimana harus berkontribusi kepada masyararakt, bangsa dan Negara.

Program CSR kita sudah ada beberapa, cuman saat ini yang kita lakukan adalah donor darah dan punya target tersendiri. Target itu harus kita capai bahkan kalau bisa lebih.

“Kita harus berkontribusi apalagi ini program kemanusiaan, darah ini sangat vital pada saat orang yang membutuhkan ternyata stoknya tidak ada,” cetus Catur Padutama.

Maka itu, kita di Grup Astra melakukan aksi donor darah, dengan target yang kita tentukan dalam satu tahun ini. kegiatan ini tidak sampai di sini, nanti mungkin kedepannya kita ada akan ada lagi kegiatan yang lain.

Semoga kita bisa dapat menjalankan event yang lebih besar lagi, khusus untuk donor darah. Untuk target harus lebih dari 500 kantor darah.

Memang harus ada target minimal, tapi kita mengejar lebih banyak dari itu. Dan kita cicil melalui setiap kegiatan yang digelar.

“Jadi, target hari ini mudah-mudahan bisa capai 100 kantong, nanti ke depannya 100 kantong. Jadi, kalau misalkan 500 mungkin 5 kali kegiatan,” rinci Kepala Cabang United Tractors Jayapura itu.

(red-tp)