<

Penyerahan BLT BBM, Harapan Masyarakat Terwujut

Plt Kepala Dinas Sosial Kota Jayapura, Dr. Djong W. Makanuay, ST, MM saat memberikan keterangan Pers

Jayapura, Teraspapua.com – Pemerintah Kota Jayapura telah melaunching penyalurkan Bantuan Langsung Tunai Bahan Bakar Minyak (BLT BBM) melalui PT. Pos kantor cabang Jayapura, Kamis (15/9/2022) pagi.

Sebanyak 9.751 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang terdampak kenaian harga Bahan Bakar Minyak (BBM) di Kota Jayapura menerima BLT BBM tahap I.

“Hari ini Pemerintah Kota Jayapura resmi melauncing penyerahan Bantuan Langsung Tunai Bahan Bakar Minyak kepada warga kota Jayapura selaku penerima manfaat,” terang Plt Kepala Dinas Sosial Kota Jayapura, Dr. Djong W. Makanuay, ST, MM saat dikonfirmasi awak media.

Djong menyebutkan, Pejabat (Pj) Wali Kota Jayapura dan Tenaga Ahli Menteri Sosial yang juga mantan Wali Kota Jayapura dua periode menyerahkan secara simbolis, sekaligus memberikan support dan arahan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Sehingga smabung Djong, hari ini harapan masyarakat terwujud, dan kita bisa menyerahkan secara utuh untuk kota Jayapura dan 4 bulan kedepan akan disalurkan melalui kantor Pos Cabang Jayapura.

Jumlah penerima untuk kota Jayapura sebanyak 9.571 KPM jadi hari ini diserahkan untuk 2 bulan yaitu September Oktober,” rinci Djong.

Harapan Dinas Sosial, agar penyerahan ini tepat sasaran sesuai dengan apa yang bisa mereka terima khususnya masyarakat kita, walau data harus perlu di-update namun penyerahan saat ini kami masih menggunakan data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS) Kementerian langsung kepada pihak penyalur yaitu PT. Pos Indonesia.

Dijelaskan Djong, untuk kriteria penerima tentu sudah ada pada mekanisme DTKS. Jadi, para penerima dalam keluarga yang tidak mampu itu variabel utamanya.

“Selain itu KPM menggunakan dokumen kependudukan by name by address ,sehingga divalidasi oleh teman-teman dari PT. Pos dan kalau memenuhi standar maka masyarakat berhak menerima BLT BBM tersebut,” papar Djong.

Djong juga menambahkan, penyaluran bantuan sembako kepada masyarakat yang terdampak covid-19, berdasarkan DPKS saat ini sudah berjalan triwulan III, dan data itu juga dipakai untuk BLT BBM.

Penyerahan BLT BBM ini disertai proses pemotretan untuk memastikan KPM,” ungkap Djong.

(red/har)