Haornas Ke-40 Pemkot Jayapura Gelar Lari Tradisional 100Mdi Pantai

Jayapura, Teraspapua.com – Pemerintah Kota Jayapura melalui dinas Pemuda dan Olahraga memperingati Hari Olahraga Nasional (HAORNAS) ke 40, dengan menggelar lomba lari tradisional 100M tanpa alas kaki di pantai, untuk kategori pelajar dan umum.

Selain itu, dilakukan juga jalan santai dan senam bersam yang dilakukan di kawasan pantai Holtekamp, Sabtu (09/09/2023) bertajuk ” Gelanggang semangat Pemenang”.

banner 325x300

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Kota Jayapura, Rocky Bebena mengatakan, maksud dan tujuan kegiatan Haornas adalah merujuk kepada tagline Haornas tahun 2023, dengan tema “Gelanggang Semangat Pemenang”

“Ini menunjukkan semangat dan kompetitif kita dalam melaksanakan berbagai event olahraga bagi masyarakat dan juga olahraga prestasi bahkan olahraga pendidikan,” kata Rocky.

Rocky menyebutkan, terkait dengan peringatan Haornas juga, semalam sudah dilaksanakan malam penganugerahan atlet dan pelatih berprestasi kategori orang asli Papua.

Kemudian hari ini tepat di tanggal 9 September tahun 2023 kita akan melaksanakan peringatan Hari Olahraga Nasional dan juga jalan santai, dilanjutkan nanti ada lari 100 meter tradisional.

“Untuk lomba lari 100 meter tradisional ini dilaksanakan di pantai tanpa alas kaki. Jadi kaki kosong. Ini bersamaan dengan sport tourism jadi olahraga sambil berwisata. Menjadi cita-cita bangsa dan juga Kementerian Pemuda dan Olahraga dan juga Kementerian Pariwisata,” ujar Rocky.

Peserta rinci Rocky, untuk lomba lari 100 meter tradisional ada dua kategori yaitu kategori pelajar putra-putri berjumlah 81 peserta, dan kategori umum putra-putri 53 peserta. Total yang sudah siap untuk ikut lomba 134 peserta.

“Hadiah untuk lomba lari tradisional yaitu juara 1, 2, 3 dan 4 masing-masing mendapatkan dana pembinaan dan juga sertifikat,”ungkap dia.

Selain itu, hadiah untuk para peserta jalan sehat dan juga senam yaitu, sepeda, kulkas, mesin cuci, kipas angin, televisi, dan voucher menginap di Hotel Horison Jayapura dan Mercure dan juga hadiah hiburan,” tandansya.

Sementara Penjabat Wali Kota Jayapura, Frans Pekey dalam sambutan mengatakan, sesui tema Haornas, gelanggang sebagai tempat, wadah atau arena untuk memiliki semangat juang dalam rangka meraih pemenang.

“Pemenang itu dalam event, lomba tapi juga pemenang menjadi pemenang untuk kebugaran, kesehatan fisik. Karena itu setiap kesempatan, setiap ruang selalu kita gunakan, baik dalam pembinaan olahraga di semua cabang olahraga, tetapi juga dalam komunitas dan juga dalam keluarga,” papar Frans.

Setiap kita selalu menjadi semangat untuk menjadi pemenang, menjadi segar dan bugar dan berprestasi tentunya,” tambah Frans.

Disebutkan, semalam kita juga sudah memberikan apresiasi bagi para atlet di kota Jayapura yang telah mendedikasikan, berjuang untuk mengharumkan nama Papua, kota Jayapura dan juga nama bangsa dan negara di event internasional.

“Kita sudah memberikan apresiasi, seraya berdoa semoga mereka tetap semangat yang lebih, untuk menuju ke Sumatera Utara dan Aceh pada PON XXI tahun depan,” ujarnya.

Disebutkan, hari ini juga kita melakukan lomba lari di pinggir pantai sambil menelusuri dan juga menikmati keindahan pantai Holtekamp sambil berwisata. Jalan tradisional atau lari tradisional bagi pelajar dan juga kategori umum,” pungkasnya.

(har/Ricko)