Tenaga Ahli Mensos BTM Tinjau Lokasi Kebakaran APO 45 Gunung

Tenaga Ahli Mensos, Benhur Tomi Mano didampingi Kepala Dinas Sosial Kota Jayapura, Djong Makanuay saat meninjau lokasi kebakaran APO 45 gubung RT 05 /RW 06 Jayapura Utara

Jayapura, Teraspapua.com – Tenaga Ahli Mensos, Benhur Tomi Mano (BTM) meninjau lokasi  kebakaran, RT05/RW06, APO 45 gunung, Kelurahan Bhayangkara, Kota Jayapura, Selasa (19/9/2023)

BTM didampingi Kepala Dinas Sosial Kota Jayapura, Djong Makanuay turun langsung sekaligus memberikan penguatan kepada korban terdampak kebakaran.

Selain meninjau lokasi kebakaran, BTM juga berkesempatan tatap muka dengan para korban terdampak, sekaligus mendengar langsung isi hati para korban.

Dalam keterangan pers, BTM meminta Kepala Dinas Sosial Kota Jayapura untuk melakukan assessment di tempat kebakaran sebagai laporan, hal-hal dan bantuan apa yang dibutuhkan para korban bencana kebakaran ini.

Supaya secepatnya kami bisa dropping kebutuhan-kebutuhan yang sangat mendasar yang dibutuhkan oleh para korban untuk menolong membantu mereka yang terkena musibah kebakaran ini.

“Jadi, kami menunggu laporan assessment dari Dinas Sosial dan Badan Bencana kota Jayapura,” kata BTM

Mantan Wali Kota Jayapura dua periode itu, ikut prihatin atas musibah kebakaran yang terjadi. Musibah ini akan terjadi kapan saja dan kita tidak tahu baik di udara laut maupun di darat.

BTM juga harap, korban terdampak kebakaran tetap kuat dan tetap berdoa kepada Tuhan. Minta kekuatan dan perlindungan dari Tuhan. Tentu semua warga disini selamat dan tidak ada korban jiwa dalam musibah ini.

Menurut BTM, Tempat ini memang sangat jauh dan rawan, karena berada di tebing sehingga perlu kehati-hatian bahkan akses jalan juga sulit,” tandansya.

Ditempat yang sama Kepala Dinas Sosial Kota Jayapura Djong Makanuay menjelaskan, bantuan kepada korban kebakaran sudah dilakukan. Jadi selama lima hari, sampai hari Jumat.

“Apa yang mendesak bantuan akan kami berikan kepada para korban terdampak, seperti makan dan minum,”ujarnya.

Dikatakan, untuk korban jiwa tidak ada, namun korban material lebih banyak.

Kami Dinas Sosial Kota Jayapura siap untuk melakukan dukungan bantuan, seraya menghaturkan terima kasih kepada Tenaga Ahli Menteri Sosial Bidang Reliabilitas Sosial, Benhur Tomi Mano yang sudah hadir untuk memberikan dukungan dari Kementerian Sosial kepada warga kita yang terdampak kebakaran,”ujarnya

Sementara Ketua RT 05/RW06 setempat Agus Asaribab menuturkan saat kejadian warga tidak ada di tempat, namun anak-anak muda sekitaran Mall Jayapura naik untuk membantu memadamkan api, tapi karena kondisi rumah tersebut adalah rumah kayu sehingga api merembet dengan cepat menghabiskan 5 petak rumah tersebut.

“Jadi ada sekitar 18 tenaga anak-anak muda dari Bukit Barisan maupun APO Mall Jayapura datang untuk membantu memadamkan api,” terangnya.

Asaribab merincikan, korban yang terdampak kebakaran ini sebanyak 17 KK, termasuk anak-anak sekolah,”pungkasnya.

(Har/Ricko)