Empat Puluh Tujuh Warga Kobakma Operasi Katarak Gratis

Kobakma,Teraspapua.com – Sebanyak empat puluh tujuh warga di Kobakma, ibu kota Kabupaten Mamberamo Tengah, Provinsi Papua Pegunungan, mendapatkan pelayanan operasi katarak secara gratis.

Operasi katarak sendiri berlangsung dari tanggal 8 Oktober hingga 14 Oktober 2023, digelar oleh PMI Kabupaten Mamberamo Tengah bekerja sama dengan ICRC, Rumah Sakit Dian Harapan, PMI Provinsi Papua, dan PMI Pusat, bertempat di RSUD Lukas Enembe di Kobakma.

Selain menggelar operai katarak secara gratis, pada kesempatan itu dibagikan pula kacamata gratis sebanyak dua ratus lima puluh.

Sekretaris PMI Kabupaten Mamberamo Tengah Amal Matasik mengaku, bersyukur sebab pelaksanaan operasi katarak dapat berjalan dengan baik.

Walau dari sisi jumlah warga yang dioperasi sebanyak empat puluh tujuh dari jumlah yang terdaftar yakni 300 orang.

“Pada tanggal 8 yang dioperasi berjumlah 7 orang, tanggal 9 berjumlah 9 orang,tanggal 10 berjumlah 10 orang, sedang pada hari terakhir berjumlah 21 orang,” ujar Amal saat diwawancara di RSUD Lukas, Sabtu (14/10/2023) lalu.

“Kami juga membagikan kaca mata gratis sebanyak 250 orang, dan kaca mata sudah dibagi habis, ” tambahnya.

Untuk itu, dia menyampaikan terima kasih kepada dokter dari Rumah Sakit Dian Harapan, ICRC, PMI Papua, RSUD Lukas Enembe, dan PMI Mamberamo Tengah yang sudah bekerja sama sehingga operasi katarak dan pembagian kaca mata gratis dapat berjalan dengan baik.

Ia berharap pada tahun-tahun mendatang dapat dilaksanakan hal yang sama dengan partisipasi warga yang jauh lebih banyak.

“Kami berharap di tahun depan operasi katarak bisa digelar lagi, kami yakin masyarakat akan berpartisipasi jumlahnya jauh lebih banyak,” tandasnya.