Peringati Hari Ibu, GOW Kota Jayapura Berikan Pemahaman Kepada Pemilih Pemula

Jayapura, Teraspapua.com – Peringati Hari Ibu ke-95, Gerakan Organsasi Wanita (GOW) Kota Jayapura menggelar Diskusi Panel, dengan menghadirkan pengurus organisasi-oraganisasi wanita, serta para pelajar SMA/SMK di kota ini.

Salah satu dari empat kegiatan dalam Diskusi Panel yang berlangsung di aula Siansor Kantor Walikota Jayapura, (Kamis (07/12/2023) tersebut adalah, Sosialisasi Pemilih Pemula.

banner 325x300banner 325x300

Penjabat (Pj). Sekda kota Jayapura Robby Kepas Awi yang membuka giat tersebut dalam sambutannya mengatakan, perayaan Hari Ibu kali ini memiliki nuansa berbeda, karena di dalamnya juga membahas berbagai isu strategis yang melibatkan kehidupan sosial dan politik di kota Jayapura.

Salah satunya lanjut Robby awi, adalah sosialisasi bagi pemilih pemula yang menurutnya, merupakan investasi untuk masa depan demokrasi kota Jayapura.

Dikatakan, generasi muda adalah harapan bangsa dan lebih khusus kota Jayapura. Untuk itu,  melibatkan mereka dalam proses demokrasi, adalah langkah yang sangat penting.

Robby Awi menambahkan, persoalan stunting juga merupakan masalah serius yang membutuhkan perhatian semua pihak, oleh karena diperlukan peningkatan kesadaran dan langkah-langkah konkrit, guna mengatasi masalah stunting di tengah masyarakat kota Jayapura.

“Selain itu, Pengarusutamaan Gender juga tak kalah penting karena melibatkan perempuan dalam setiap keputusan, serta upaya memerangi korupsi, adalah langkah penting.” Paparnya.

Robby Awi menyebutkan, semua materi yang akan dibahas memiliki dampak langsung terhadap kualitas hidup masyarakat kota Jayapura. Oleh karena itu dirinya meminta para peserta, menghadirkan solusi-solusi inovatif dan berkelanjutan, untuk mengatasi setiap tantangan yang dihadapi.

Pada kesempatan tersebut Robby Kepas Awi tak lupa mengingatkan para peserta menjelang pemilu 2024, untuk ikut serta mensukseskan pesta demokrasi tersebut, terlebih khusus para pelajar yang merupakan pemilih pemula.

“Kepada para pelajar dan pemilih pemula, gunakan hak pilih kalian dengan bijak, dengan tetap menjaga kedamaian dan keamanan kota tempat tinggal kita bersama.” Pungkasnya.

Sementara itu, ketua panitia Johana Siahaya dalam laporannya menyebutkan, panitia telah menetapakn 4 kegiatan yang dilaksanakan secara serentak, melalui Diskusi Panel. Yaitu Sosialisasi Pemilih Pemula, Pengarusutamaan Gender, Cara Mencegah Stunting dan Sosialisasi Anti Korupsi.

Masuk dan tujuan kegiatan ini adalah menyambut pesta demokrasi pemilu dan Pemilukada tahun 2024 yang memberikan pemahaman dan informasi kepada pemilih pemula untuk menggunakan hak pilihnya pada pemilu mendatang

“Karena pemilih pemula kunci besar atas suksesnya Pemilu tahun 2024. Oleh sebab itu, diperlukan kehadiran dari anak-anak siswa SMA dan SMK se kota Jayapura, sebagai pemilih pemula.” Tandasnya.

Johana menambahkan, 3 kegiatan lainnya tidak kalah penting untuk diketahui, sehingga ada penjelasan terkait Pengarusutamaan Gender, Cara Mencegah Stunting dan bagaimana cara mengetahui, mengapa sampai terjadinya Tindakan Korupsi.

“Semua kegiatan ini sangat penting diikuti, karena ini merupakan edukasi yang penting bagi kita semua.” Tutup Johana.

(elo)