Jelang Nataru Polda Papua Siapkan 6000 Personil

Kapolda Papua, Irjen Pol Mathius Fakhiri.

Jayapura,Teraspapua.com – Kepolisian Daerah Papua menyiapkan 6000 personel guna pengamanan jalannya perayaan Natal 2023 dan malam pergantian tahun 2024.

Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D Fakhiri menjelaskan, ribuan personel ini nantinya terlibat langsung pengamanan ibadah oleh umat Nasrani.

banner 325x300banner 325x300

“Untuk anggota lagi divoting oleh Ops Polda Papua untuk terlibat dalam pengamanan dengan sandi Operasi Lilin,” ujarnya saat diwawancarai di Kota Jayapura, Jumat (15/12/2023).

Ia menyebutkan pengamanan akan dilaksanakan pada 21 Desember hingga 3 Januari 2024 mendatang.

“Gelar pasukan operasi lilin akan dilaksanakan pada 21 Desember dan diselenggarakan serentak seluruh Indonesia,” jelasnya.

Selain aparat, kata Kapolda, pengamanan  juga biasa melibatkan unsur dari pemuda muslim.

“Bukan hanya dari kepolisian saja, biasa ada keterlibatan dari sudara muslim yang ikut serta menjaga proses jalannya ibadah oleh saudara-saudara nasrani,” terangnya.

Di samping itu, Kapolda menyebutkan, situasi secara menyeluruh di wilayah hukum Polda Papua pasca rentetan aksi di beberapa daerah berangsur-angsur kondusif.

“Semoga situasi ini bisa terjaga, sehingga perayaan Natal dan Tahun berubah bisa berjalan lancar dan penuh hikmah,” tandasnya.