Pemda Kabupaten Kota Diminta Setor Tungakan Beasiswa Afirmasi Tahun 2023 ke Pemprov Papua

Ketua Komisi V DPR Papua, Jack Kamasan Komboy.

Jayapura,Teraspapua.com – Pemerintah Kabupaten Kota segerah melunasi beasiswa afirmasi tahun 2023 ke Pemerintah Provinsi Papua.

Demikian hal tersebut disampaikan oleh Ketua Komisi V DPR Papua, Jack Komboy, usai memimpin rapat kerja bersama mitra, dalam hal ini dengan Dinas Pendidikan Provinsi Papua,di Kantor DPR setempat, Kamis (30/5/2024).

Dijelaskan Jack Komboi, dalam rapat tadi hal yang kita temukan tentang hutang beasiswa afirmasi tahun 2023 Juni-Desember sebesar Rp116 Milyar, sudah diselesaikan oleh Pemerintah Provinsi Papua. Yang menurut dinas Pendidikan tinggal bagaimana Pemerintah Kabupaten Kota mengembalikan hutang itu.

“Yang menjadi kendala hari ini adalah di Januari – Maret belum satupun penyetoran oleh Kabupaten Kota, terhadap proses penyelesaian hutang tunggakan beasiswa mahasiswa afirmasi yang disepakati pada tanggal 29 Februari 2023 yang dihari oleh Pak Wamendagri,” terangnya.

Untuk itu, saya berharap Pemerintah Kabupaten Kota harus menyetor ke Pemerintah Provinsi. Karena ini terkait dengan masa depan  anak-anak kita, yang kita persiapkan untuk membangun tanah Papua kedepan.

Hal lain, lanjut kata Jack, rapat dengan dinas Pendidikan Provinsi Papua untuk  mendengar apa-apa saja yang sudah dikerjakan di kabupaten kota selama tahun 2003.

“Jadi ini bagaimana dalam rangka LHP BPK terus bagaimana kita melihat terhadap RKPD-nya, nanti pada saat pelaporan itu kami sudah tahu apa yang harus kami lakukan,” ujarnya.

Selain itu, di Dinas Pendidikan sendiri beberapa hal kita telah temukan lebih kepada hal-hal yang sifatnya administrasi, hari ini kan telah ada lagi satu program baru yang masuk di dinas pendidikan provinsi yaitu mahasiswa afirmasi.

Menurutnya, ini tentunya menimbulkan satu  persoalan baru lagi, yang mana tentang mahasiswa ini bukan lagi di kelola oleh BPSDM tetapi di kelola oleh dinas Pendidikan Provinsi Papua.

Saya berharap dinas Pendidikan bisa menyelesaikan masalah beasiswa mahasiswa afirmasi, karena menurut saya hari ini SMA/SMK tidak lagi di urusi oleh Dinas Pendidikan Provinsi.

“Sehingga kedepan Dinas Pendidikan bisa menyelesaikan masalah mahasiswa afirmasi ini,” tandasnya.