Mukri Hamadi : Perlu Perencanaan yang lebih komprehensif Untuk Menangani Banjir Organda

Ketua Komisi A DPRD Kota Jayapura, Mukri M. Hamadi, S, IP saat meninjau jalan di Organda

Jayapura, Teraspapua.com – Ketua Komisi A DPRD Kota Jayapura, Mukri M. Hamadi, S, IP menyambangi warga kompleks perumahan Organda, tepat di RT003/RW IV Kelurahan Hedam, Sabtu (11/12).

Kehadirian Politisi PDI Perjuangan Kota itu, tentu untuk melihat kondisi jalan dan saluran yang jika turun hujan masih terjadi banjir.

“Untuk jalan lingkungan di Organda, anggota Komisi B DPRD, Tamara Sapan sudah mendorong untuk diprogramkan. Intinya itu bagian dari program penyerapan aspirasi masyarakat yang dilakukan oleh Tamara Sapan dari Dapil III Distrik Heram dan Muara Tami,” kata Mukri Hamadi.

Menurut Mukri Hamadi, kunjungan ke Organda untuk melihat kondisi jalan, tapi juga kondisi banjir yang selama ini sering terjadi di Perumnas IV ke belakang Organda dan Citra sampai di kali Acai.

Untuk itu kita berharap, ada program perencanaan yang lebih komprehensif di kawasan itu, karena cukup rawan bencana banjir.

Tentu akan terjadi kapan saja, jika curah hujan tinggi di kota Jayapura.

Menurut kami penting, untuk melakukan tindakan – tindakan perencanaan yang lebih komprehensif. Mulai dari pengalihan arus air sampai dampak lingkungan terhadap teluk Youtefa. Karena merupakan pembuangan terakhir.

“Sehingga penting untuk melakukan perencanaan yang lebih terpadu komprehensif tapi juga Menghasilkan solusi akhir. Bukan perencanaan setengah-setengah,” dorongnya.

Jadi kata Mukri, harus ada master plannya, tapi daya dukung lahan juga menjadi penting dalam penyelesaian masalah banjir organda, Perumnas IV hingga belakang Citra sampai ke muara kali acai,” tandasnya.

Salah satu tokoh masyarakat Organda, Deni Wafumilena menyampaikan terima kasih kepada Ketua Komisi A DPRD Kota Jayapura, Mukri Hamadi, yang sudah melakukan kunjungan ke kami, warga RW 04 Kelurahan Hedam untuk menerima saran dan masukan terkait untuk kepentingan umum.

“ Terutama mengenai Jalan lingkungan dan drainase di sekitar wilayah Organda,” ujarnya.

Kami menyampaikan terima kasih kepada Mukri Hamadi yang sudah bisa mengakomodir bersama teman-teman fraksi terhadap pergumulan kami terkait dengan jalan.

Dia berharap, bisa menjadi awal untuk dapat dituntaskan, baik jalan drainase maupun kendala banjir yang sering menjadi kendala kami di organda.

Sementara Ketua RT 03, Max Burume mengakui, terkait penanganan sampah sudah maksimal, hanya saja dibutuhkan tambahan motor sampah. Karena mobil pengangkut sampah tidak sampai di Organda RT04.

Selain itu, Ketua RW 02 Adam Deda mengatakan saluran harus jadi perhatian Pemkot Jayapura dalam hal ini dinas PUPR .

“Jadi, kerusakan jalan akibat air yang meluap setiap musim hujan,” ungkapnya.

Dia juga menyoroti warga yang belum punya kesadaran dalam mebuang sampah. Ada sebagai warga yang main buang sampah pada drainasese sehingga jika terjadi hujan Organda menjadi langganan banjir,” tukasnya.

(Let)