Pj Wali Kota Serahkan Akta Kelahiran, KK, KIA di RS Provita Usai Kelahiran Bayi

RS Provita Masih Konsisten Kerja Sama Dengan Pemkot Jayapura

Pj Wali Kota Jayapura, Dr. Frans Pekey, M,Si saat menyerahkan akta kelahiran, KK dan KIA kepada bapak Suhardi dan ibu Andi Wahyuni Rais yang anaknya baru lahir di RS Provita.

Jayapura, Teraspapua.com – Pemerintah Kota Jayapura melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) pada tahun 2020 lalu tela melakukan penandatangan kerjasama dengan rumah sakit (RS).

Tentu teken kerja sama pembuatan akta kelahiran ini dilakukan dengan RS Provita. Kerjasama keduanya menggunakan aplikasi Pace Dukcapil yang dapat diakses secara online.

banner 325x300banner 325x300

Sebagai bukti bahwa kerja sama itu masih berlangsung, maka pada hari ini Kamis, (22/9/2022) Penjabat (Pj) Wali Kota Jayapura, Dr. Frans Pekey, M,Si menyerahkan tiga dokumen (akta kelahiran, kartu keluarga dan kartu identitas anak atau KIA) secara bersamaan kepada bapak Suhardi dan ibu Andi Wahyuni Rais yang anaknya baru lahir di RS Provita.

“Jadi, sejak tahun 2020 bahkan sebelumnya dan sesuai dengan regulasi yang ada, setiap warga negara atau setiap anak yang lahir termasuk di kota Jayapura harus dicatatkan kelahirannya di dalam dokumen kependudukan,” kata Pj Wali Kota, Frans Pekey usai penyerahan dokumen kependudukan dan penijauan ruang bersalin anak RS Provita.

Karena itu lanjut Frans Pekey, pemerintah kota Jayapura sejak beberapa tahun yang lalu sampai dengan hari ini terus mendorong percepatan, sekaligus juga turun ditengah-tengah masyarakat, jemput bola untuk melakukan perekaman pelayanan langsung ke tengah-tengah masyarakat.

Salah satu yang juga dilakukan adalah kerjasama dengan seluruh rumah sakit yang ada di kota Jayapura. Kerjasama antara pemerintah kota melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dengan rumah rumah sakit yang ada di kota Jayapura sejak tahun 2020.

“Namun dalam perjalanannya rumah sakit Provita sejak tahun 2020 sampai hari ini konsisten, dalam melaksanakan implementasi kerjasama tersebut. Terutama dalam memberikan pelayanan kependudukan bagi bayi yang baru lahir,” terangnya.

Dengan memberikan akte kelahiran, kartu keluarga dan juga kartu identitas anak secara langsung, dan karena itu saya menyampaikan terima kasih kepada manajemen rumah sakit Provita yang konsisten sampai dengan hari ini, dan ke depan akan terus memberikan pelayanan kerjasama dengan Dukcapil bagi setiap bayi yang lahir di rumah sakit ini.

Kesempatan itu juga, Frans Pekey minta kepada 7 rumah sakit lain untuk terus konsisten. Kalau waktu yang lalu sudah ada kerjasama dan pemerintah kota melalui Dukcapil, untuk mencatatkan setiap anak yang lahir harus konsisten untuk menghidupkan, mengaktifkan kembali layanan dokumen kependudukan.

Khusus akta kelahiran, kartu keluarga dan kartu identitas anak bagi bayi yang dilahirkan di semua rumah sakit yang ada di kota Jayapura. Frans Pekey minta juga manejemen RS selalu komunikasi dengan Dukcapil,” imbuhnya.

Sebaliknya Frans Pekey minta petugas Dukcapil datang ke rumah-rumah sakit untuk melakukan komunikasi kelanjutan kerjasama yang pernah dilakukan pada beberapa waktu yang lalu.

Supaya menurut Frans Pekey, pelayanan dokumen kependudukan sejak bayi lahir langsung bisa diterbitkan, itu untuk pelayanan dan program pemerintah, tapi lebih dari itu mendapatkan hak-hak sebagai warga Negara di kota Jayapura.

Frans pekey menyampaikan terima kasih kepada manejemen RS Provita, seraya mendorong terus memberikan pelayanan yang terbaik bagi warga masyarakat kota Jayapura dengan peralatan yang terus dilengkapi dipenuhi dengan peralatan yang canggih,” tutup Pekey.

Foto bersama usai penyerahan dokumen kependudukan

Sementara ditempat yang sama Direktur rumah sakit Provita, drg Fanska Titaheluw mengatakan, kunjungan bapak Pj Wali Kota Jayapura, Dr. Frans Pekey, M, Si dalam rangka mengapresiasi terkait dengan layanan dokumen kependudukan khusus untuk bayi-bayi baru lahir atau persalinan Ibu di rumah sakit Provita.

“Jadi, rumah sakit Provita yang sudah bekerjasama sejak bulan Juli 2020, tetap konsisten untuk memberikan pelayanan dokumen kependudukan sehingga masyarakat tidak perlu sibuk lagi,”

Sudah kesehatannya pulih, bayinya sehat, pulang dengan selamat, tentunya juga sudah bisa langsung membawa pulang dokumen kependudukan.

Dikatakannya, kunjungan bapak Pj Wali Kota hari ini juga sangat mendukung, kami tentunya juga bukan hanya dari segi pelayanan Ibu persalinan tetapi juga pelayanan lainnya antara lain yang kami unggulkan di tahun ini yaitu pelayanan jantung,” pungkas Fanska Titaheluw.

(Har)