Buka Bimtek Toko Daring MBIZMARKET, Robby Awi Minta Utamakan Produk Lokal

Jayapura, Teraspapua.com – Pemerintah kota Jayapura melalui Bagian Pengadaan Barang Jasa (BPBJ), memberikan sosialisasi dan Bimtek Toko Daring MBIZMARKET, bagi Pengguna Anggaran, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), Pejabat Pengadaan dan Bendahara Pengeluaran serta pelaku usaha, Rabu (18/10/2023).

Penjabat (Pj). Sekda kota Jayapura, Robby Kepas Awi dalam sambutannya mengatakan, dalam rangka pemenuhan implementasi peraturan lembaga kebijakan pengendalian barang dan jasa, tentang Toko Daring dan katalog elektronik, maka perlu melaksanakan pengelolaan Toko Daring untuk percepatan peningkatan transaksi belanja produk dalam negeri.

banner 325x300banner 325x300

Dikatakan, sebagaimana instruksi Presiden agar para Gubernur, Bupati dan Walikota, mendorong percepatan produk dalam negeri dan produk usaha mikro, usaha kecil dan koperasi, untuk tayang dalam katalog lokal atau Toko Daring.

“Termasuk kita di pemerintah kota Jayapura, harus selalu mengikuti setiap kebijakan yang diterapkan. Karena kota Jayapura merupakan smart city.” Ujar Robby Awi.

Dirinya menyebutkan, Toko Daring merupakan platform pembelian elektronik pengadaan barang dan jasa pemerintah, yang bekerjasama dengan penyelenggara perdagangan produk dalam negeri yang telah ditetapkan oleh pemerintah, agar belanja pemerintah dapat lebih mudah, cepat, transparan dan tercatat secara elektronik.

Selain itu kata Robby Awi, hal ini juga menjadi pemacu pergerakan pertumbuhan ekonomi dan pemberdayaan masyarakat, dengan terbelinya produk-produk dalam negeri, hasil olahan koperasi dan usaha ekonomi mikro kecil.

Sosialisasi dan Bimtek tersebut lanjut dia, adalah kesempatan yang berharga untuk belajar proses dan tahapan yang akan dilakukan, dalam tahapan pengadaan dan belanja barang pemerintah di lingkungan kota Jayapura, serta dapat meningkatkan kemampuan dalam menjalankan pengadaan barang jasa pemerintah yang sangat efisien.

Dirinya berharap, dengan adanya kegiatan tersebut, akan menjadi lebih sederhana dalam pelaksanaan pengadaan barang dan jasa pemerintah. Sehingga dapat menjadi pilihan bagi OPD di lingkungan kota Jayapura.

“Saya mengingatkan kita semua, tentang pentingnya mematuhi regulasi terkait penggunaan Toko Daring Mbizmarket, dalam proses pengadaan barang dan jasa. Semoga ini bermanfaat besar bagi kita semua dan juga untuk masyarakat.” Pungkasnya.

Sementara itu, Yustus, ST selaku kepala BPBJ Setda kota Jayapura menyebutkan, kegiatan tersebut bertujuan meningkatkan pengetahuan dan pemahaman kepada pelaku pengadaan, khususnya Penggunaan Anggaran, PPK, Penjabat Pengadaan dan Bendahara Pengeluaran, serta pelaku usaha dalam mengimplementasikan advertising dengan Mitra Toko Daring.

Dikatakan, kegiatan yang berlangsung selama dua hari tersebut, diikuti oleh 150 peserta di hari pertama, dengan melibatkan Pengguna Anggaran, Kuasa Penggunaan Anggaran, PPK, Pejabat Pengadaan dan Bendahara Pengeluaran.

Sedangkan hari kedua dengan 80 peserta, yaitu para pelaku usaha dan UMKM, dengan menghadirkan Joko Wardoyo, SE, MM sebagai narasumber, dari PT. Berlian e-Commerce Berjaya.

(elo)