Sosialisasi Satu Data Indonesia, Memastikan Data Kota Jayapura Yang Berkualitas

Jayapura, Teraspapua.com – Guna mengkoordinasikan dan mensinkronkan pemahaman tentang konsep Satu Data, maka Pemkot Jayapura melalui Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) setempat, menggelar sosialisasi Satu Data Indonesia (SDI) kota Jayapura, Kamis (19/10/2023).

Dalam laporan pelaksanaan yang disampaikan Sekretaris Diskominfo kota Jayapura, Ratna Fadjarrini menyebutkan, sosialisasi SDI tersebut berjuan memastikan data yang diproduksi oleh produsen, adalah data berkualitas.

banner 325x300banner 325x300

Selain itu, dapat melakukan pengumpulan data di tingkat OPD, serta menyusun laporan hasil penilaian data yang sudah terkumpul dari OPD, kemudian dilaporkan kepada pimpinan dan BPS kota Jayapura.

Pada kesempatan ini, Penjabat (Pj). Walikota Frans Pekey, yang diwakili Asisten I Bidang Pemerintahan Setda kota Jayapura, Evert Nicolas Marauje mengatakan, sosialisasi dilaksanakan untuk mendukung kebijakan tata kelola data pemerintahan untuk menghasilkan data yang akurat dan mutakhir.

Lanjut Marauje, penyelenggaraan sistem Satu Data di kota Jayapura, membutuhkan komitmen, kerja keras dan kerja cerdas dari seluruh komponen OPD lingkup Pemkot Jayapura. Sehingga ketersediaan data yang akurat, mutakhir, terpadu dan mudah diakses, dapat terwujud.

“Kegiatan ini sangat strategis, tapi saya lihat yang hadir belum mencapai 100 orang peserta. Saya harap bisa hadir semua, karena kedepan nanti, kita dituntut untuk satu data seperti kemiskinan satu data dan lain-lainnya.” Tandas Marauje.

Ditambhakan, Pemkot Jayapura memiliki komitmen yang tinggi terhadap optimalisasi pelaksanaan SDI di kota ini, sebagai langkah pelaksanaan dari Peraturan Presiden nomor 39 tahun 2019.

Hal ini dikatakan menjadi penting, terutama dalam penyelenggaraan data statistik dalam rangka mengimplementasikan kebijakan SDI di kota Jayapura. Karena kegiatan sosialisasi SDI kata Marauje, bertujuan meningkatkan wawasan dan guna menyamakan level pemahaman terhadap SDI.

Untuk dirinya berharap, dengan adanya sosialisasi ini, instansi maupun OPD dapat memperoleh penjelasan yang luas tentang tujuan dan maksud SDI, dimana tujuan pada sosialisasi kali ini untuk memberikan pemahaman mengenai suatu data, dan untuk memastikan data yang diproduksi oleh produsen adalah data yang berkualitas.

“Saya berharap pada kesempatan ini, kita semua dapat mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh, sehingga informasi yang diberikan dapat diterima dengan baik, serta dapat diterapkan dan dimanfaatkan oleh instansi dan pemerintah kota Jayapura dengan baik.” Pungkasnya.

Sementara itu, sekretaris Diskominfo kota Jayapura, Ratna Fadjarrini usai kegiatan menyebutkan, narasumber yang dihadirkan dalam sosialisasi SDI tersebut, adalah kepala Bappeda dan kepala BPS kota Jayapura, dengan materi implementasi Satu Data Indonesia di kota Jayapura, dalam penyediaan data statistik berkualitas.

“Untuk peserta sosialisasi, berasal dari seluruh OPD, yang terdiri dari eselon III dan eselon IV di setiap OPD di lingkungan pemerintah kota Jayapura.” Tandas Ratna.

(elo)