Bawaslu Papua dan TNI Polri Deklarasi Pemilu Damai Dibawah Laut

Jayapura,Teraspapua.com – Ada yang unik di Pemilu tahun ini, umumnya deklarasi Pemilu damai biasanya dilakukan ditempat terbuka atau dalam Gedung.

Namun di Provinsi Papua, dalam mewujudkan netralitas TNI Polri untuk Pemilu 2024 yang damai, adil dan berintegritas. Lantamal X Jayapura, gandeng KPU dan Bawaslu Papua, serta Polri dalam hal ini Polairut Polda Papua gelar deklarasi Pemilu damai di bawah laut.

Spot yang dituju untuk melakukan dekalrasi Pemilu damai 2024, bertempat di Bui merah teluk Yosudarso, Kota Jayapura, Selasa (12/12/2023).

Komandan Lantamal X Jayapura, Brigjen TNI (Marinir) Ludi Prastiyono mengatakan, hari ini kita seluruh aparat keamanan baik TNI Polri Bawaslu dan KPU, akan gelar deklarasi damai di bawah laut.

Jumlah penyelam ada 31 orang, yang terdiri dari TNI Polri, BIN, Bawaslu dan juga KPU Papua, terang Prastiyono

“Apa yang kita lakukan ini, tujaunnya hanya satu yakni untuk menciptakan Pemilu 2024 ini agar lancar, aman tertip dan damai,” tegasnya.

Sementara Ketua Bawaslu Papua, Hardin Halidin mengakatan kegiatan hari ini merupakan komitmen dari TNI Polri yang perlu di apresisi.
“Tidak cukup hanya apresiasi. Tetapi juga harus di dukung, karena ini bukan hanya sekedar ucapan, tetapi sudah dalam bentuk komitmen dalam bentuk deklarasi di bawah laut,” imbuhnya.

Selain itu, lanjut kata Halidin, ini membuktikan komitmen netralitas TNI Polri pada Pemilu 2024 mendatang tidak perlu diragukan lagi.

“Oleh karena itu, kami dari Bawalu dan KPU Papua, mengapresiasinya sekaligus mendukung komitmen yang kuat TNI dan Polri dalam mensukseskan Pemilu, tetapi juga menunjukan bahwa TNI Polri netral di Pemilu 2024,” pungkasnya.