Warga 7 Kelurahan Distrik Japut Terima Bantuan Pemberdayaan

Asisten II M.Nur Jainuddin Konu,Saat Menyerahkan Bantuan Secara Simbolis Di Dampingi Kepala Distrik Japut.Adam Rumbiak

Jayapura,Teraspapua.com – Masyarakat kota khususnya yang tersebar di 7 kelurahan wilayah Distrik Jayapura Utara (Japut) menerima bantuan program pemberdayaan.

penyerahannya berlangsung di aula kantor Distrik setempat,jumat (1/11/2019) oleh Asisten II M.Nur Jainuddin Konu,mewakili Wali Kota Jayapura.

Kepala Distrik Jayapura Utara,Adam Rumbiak mengatakan, bantuan ini berdasarkan usulan-usulan masyarakat  yang kami akomodir dan hari ini kita realisasikan melalui program pemberdayaan distrik. Jadi sudah sesuai dengan apa yang diusulkan oleh masyarakat.

Dengan demikian, untuk total anggaran Dana Pemberdayaan yang telah diserahkan kepada masyarakat sebesar 1 milyar rupiah”lanjut Adam”.

Dirincikan, untuk mendukung program kebersihan sejumlah bantuan peralatan yang diberikan berupa 20 unit mesin babat rumput diserahkan kepada RT ,RW ,gereja, sekolah dan kelompok Pemuda.

Selanjutnya  2 unit sirfof (alat fooging), bantuan kantong plastik sampah gratis ke tujuh wilayah Kelurahan, 15 drum sampah kepada PAUD ,TK, SD di lingkungan RT RW ,serta bantuan 5 gerobak sampah kepada SD dan RT, RW.

Sementara  bantuan kelembagaan ,diberikan  kepada PKK , KNPI ,Karang Taruna ,PMI Distrik Jayapura Utara,Pramuka dan LPTQ ,serta beberapa OKP dan Ormas di wilayah tersebut.

Selain itu  bantuan 3 buah warles ,kepada RT, RW dan rumah ibadah serta 10 buah megaphone kepada RT RW di wilayah itu.

Untuk bantuan ekonomi diberikan 32 meja jualan dan payung kepada penjual pinang, sayur dan  4 buah etalase.

Lanjut Adam Rumbiak ,ada juga pembinaan administrasi bagi dua kelompok Dasawisma di Kelurahan Bhayangkara dan Mandala, serta bantuan alat musik gitar kepada sekolah minggu Sion Dok VIII dan anak-anak sekolah binaan Jemaat Eden Tanjung Ria .

Sedangkan untuk kegiatan infrastruktur ,pihaknya melakukan penataan ruang Distrik untuk pelayanan Paten ,pelayanan administrasi Distrik berbasis IT (website distrik) dan pembuatan rumah pintar serta pelayanan wi-fi gratis”Sambungnya”.

Sebelumnya Asisten II  Setda ,M.Nur Jainuddin Konu,dalam sambutan mengatakan Tujuan pembangunan adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Kehadiran Pemerintah untuk memberikan pelayanan sehingga ada  perubahan kesejahteraan”kata Jainuddin”.

Berbagai upaya dilakukan oleh Pemerintah kota Jayapura untuk meningkatkan kesejahteraan ,melalui pemberdayaan Distrik, Kelurahan dan pemberdayaan Kampung.

Bantuan yang diserahkan hari ini  jangan bersifat konsumtif,artinya sesaat saja dinikmati oleh masyarakat  dan tidak berkembang lagi”harapnya”.

Harus ada kesejahteraan dan peningkatan ekonomi masyarakat.Karena hadirnya pemerintah untuk memberikan pelayanan , masyarakat bukan saja sebagai objek namun juga sebagai subjek “cetusnya.

Lanjut Jainuddin ,bantuan yang diberikan , agar ada perubahan dan peningkatan  ekonomi di tengah masyarakat,walau semua itu harus butuh proses akibat keterbatasan sumber daya .

Kembali ditegaskan pemerintah kota terus berupaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui dana pemberdayaan Distrik, Kelurahan maupun pemberdayaan kampung.

Untuk itu kepada masyarakat di tujuh Kelurahan sebagai penerima manfaat , dapat menggunakan bantuan ini dengan baik”pungkasnya”.

(Let/Rick).