MALUKU  

Danlantamal IX Ambon Resmikan Tempat Pembibitan Tanaman Bakau

Pose Bersama Di Lokasi Pembibitan Bakau

Ambon,Teraspapua.com – Komandan Pangkalan Utama TNI AL ( Danlantamal) IX Ambon Laksamana Pertama Budi purwanto, S.T., M.M meresmikan budidaya pembibitan tanaman bakau di samping gedung Fasharkan Lantamal IX, Jumat (07/02/2020).

Pohon Bakau  merupakan bagian dari hutan mangrove,yang banyak terdapat disekitar garis pantai dan juga hidup di rawa-rawa atau di air payau.

banner 325x300banner 325x300

Keberadaan hutan mangrove punya sejuta manfaat bagi kita dan lingkungan sekitar, selain berfungsi menjadi penghalang dan pencegah abrasi.

Bahkan hutan mangrove juga benteng pengaman dari ancaman bencana gelombang pasang (tsunami) dan pendukung kehidupan biota laut “ujar Budi Purwanto.

Namun saat ini lanjut dia,pertumbuhan hutan mangrove mengalami penurunan, hal ini disebabkan karena rendahnya pengetahuan masyarakat tentang pentingnya manfaat dari hutan mangrove.

Dikatakan juga bagaimana cara membudidayakannya serta adanya pembabatan lahan hutan mangrove untuk digunakan sebagai arang bakar dan lahan pemukiman.

Untuk itu Lantamal IX Ambon dalam hal ini Staf Potensi Maritime didukung Dinas Potensi Maritime melaksanakan budidaya tanaman bakau di Komplek Mako Lantamal IX Halong Ambon “terangnya.

Untuk tahap awal budidaya tanaman bakau sebanyak 5.000 bibit dengan target 10.000 bibit tanaman dan akan dikembangkan secara bertahap tiap bulan. “ugkapnya.

Tujuan budidaya ini adalah sebagai upaya menyediakan bibit tanaman bakau sebanyak mungkin guna menghijaukan kembali kawasan pantai yang gundul di wilayah kerja Lantamal IX dengan bersinergi bersama masyarakat pesisir “jelasnya.

Dikatakan juga,dengan gerakan menanam bibit mangrove, maka diharapkan dapat memperbaiki lahan dan wilayah kawasan pesisir yang rusak agar hijau dan menghutan kembali serta menjadi lebih asri, lestari dan aman dari bencana alam.

Hadir dalam kegiatan tersebut Asops Danlantamal IX, Aspers Danlantamal IX, Aspotmar Danlantamal IX, Aslog Danlantamal IX, Dantim Intelijen Lantamal IX, Dandenma Lantamal IX, Danpomal Lantamal IX,

Selain itu hadir juga Kadisfaslan Lantamal IX, Kadispotmar Lantamal IX , Kadis Ang Lantamal IX , Ka Kuil Lantamal IX, Kadispotmar Lantamal IX dan Paban potmar Lantamal IX. (DISPEN LANTAMAL IX).

(Buce)